Ilustrasi nasi putih. Mengonsumsi nasi putih dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik.
Ilustrasi nasi putih. Mengonsumsi nasi putih dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik. ( FREEPIK/KAMRANAYDINOV)

Berikut Ini 4 Cara Atasi Nasi Keras di Rice Cooker agar Pulen

15 November 2023 15:49 WIB

SonoraBangka.id - Salah rasio air atau durasi memasak yang kurang lama bisa menyebabkan nasi tidak pulen. Alih-alih pulen, nasi justru terasa kering dan keras seperti belum matang sempurna. Jika terjadi demikian, kamu bisa mengatasi nasi kering dengan tips dari The Kitchn untuk memperbaiki teksturnya hingga pulen. 

1. Lanjutkan memasak nasi

Bila masih ada sisa air atau cairan di panci, tetapi nasi bertekstur keras, lanjutkan memasak dengan kondisi panci tertutup. Biarkan nasi dimasak di kukusan selama 5-10 menit dengan api kecil hingga tekstur nasi melunak.

2. Tambahkan air

Nasi kering dan tidak ada cairan tersisa di dalamnya? Tambahkan air secukupnya ke dalam panci hingga nasi agak basah. Sesuaikan jumlah air dengan nasi yang dimasak. Tutup kukusan dan masak kembali selama 5-10 menit hingga nasi matang dan lunak.

3. Masak nasi di  microwave

Ambil nasi keras dari rice cooker atau kukusan, kemudian pindahkan ke wadah tahan panas. Lanjutkan memasak nasi di microwave selama dua menit hingga uap mengepul dan nasinya pulen.

4. Masak nasi di oven

Jika ada sebagian nasi yang terasa kenyal dan belum matang sempurna, pindahkan juga ke loyang oven. Masukkan nasi ke oven dan panaskan dengan suhu 176 derajat celsius selama 10 menit hingga nasi melunak. Jangan lupa ratakan nasi agar matangnya menyeluruh saat dipanaskan di oven.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Atasi Nasi Keras di Rice Cooker agar Pulen", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/15/145854175/4-cara-atasi-nasi-keras-di-rice-cooker-agar-pulen.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm