lokasi parkir formula e jakarta 2023(Kompas.com/Nanda)
lokasi parkir formula e jakarta 2023(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Saat Mobil Matik Parkir, Untuk Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?

15 November 2023 16:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil matik terdapat pilihan posisi transmisi untuk digunakan saat parkir, yakni posisi P. Tapi, dalam pengoperasiannya tidak boleh sembarangan.

Selain membutuhkan mobil berhenti terlebih dulu sebelum memindahkan tuas matik ke P, rem tangan juga sebaiknya ditarik terlebih dulu untuk memastikan mobil tidak bergeser saat tuas sudah di P.

Kalau mobil sampai bergeser maju atau mundur, maka beban kendaraan akan menjadi penghalang tuas matik saat dipindahkan dari P ke posisi lain, sehingga tuas matik menjadi keras jika dipaksakan bisa merusak komponen transmisi.

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, Eko Setiawan mengatakan ada yang perlu diperhatikan saat memarkir mobil matik, khususnya urutan pengoperasian tuas transmisi dan rem tangan.

“Pastikan mobil sudah berhenti sempurna, dengan memastikan untuk tidak memindahkan tuas transmisi ke P sebelum menarik rem tangan secara penuh, jika rem tangan sudah ditarik penuh baru tuas transmisi bisa dipindahkan ke P,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Eko mengatakan pemindahan tuas transmisi ke P sebelum rem tangan ditarik dapat membuat parking pawl tersangkut. Sehingga bisa membuat perpindahan tuas dari P ke R menjadi keras saat mobil ingin digunakan.

Seperti yang diketahui, saat mobil matik posisinya P maka mobil masih bisa maju dan mundur sedikit. Saat mentok maju atau mundur tersebut, itu lah batas parking pawl tegang.

Bila rem tangan ditarik setelah mobil berada di posisi parking pawl tegang maka itu artinya mobil terparkir dalam keadaan parking pawl tersangkut terbebani bobot kendaraan. Sehingga saat mau jalan setelah parkir, perpindahan tuas transmisi dari P ke R menjadi berat atau nyangkut.

Terlebih lagi kendaraan terparkir di tempat miring, maka akan semakin membuat parking pawl tegang karena beban kendaraan. Kondisi ini bisa membuat komponen transmisi rusak, karena ada unsur pemaksaan saat memindahkan tuas transmisi menurut Eko.

Maka dari itu, Eko menyarankan untuk menarik rem tangan terlebih dulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke P. Harapannya, agar parking pawl tidak menegang karena mobil belum berhenti dengan sempurna.

Jadi, urutan yang benar saat parkir mobil matik adalah menarik rem tangan terlebih dulu sebelum memindahkan tuas matik ke P agar mobil benar-benar berhenti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/101200415/saat-mobil-matik-parkir-tuas-transmisi-langsung-ke-p-atau-rem-tangan-dulu-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm