Jokowi Pastikan 80 Persen Transportasi di IKN adalah EV
Jokowi Pastikan 80 Persen Transportasi di IKN adalah EV ( KOMPAS.COM)

Jokowi Pastikan 80 Persen Untuk Transportasi di IKN adalah EV

15 November 2023 16:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa sarana transportasi umum di Ibu Kota Nusantara (IKN) 80 persen akan berbasis listrik guna mewujudkan visi sebagai kota modern yang ramah lingkungan alias smart forest city.

Hal tersebut karena beberapa moda khusus seperti angkutan militer, bus dengan trek yang panjang, hingga truk belum bisa beralih sepenuhnya dari Internal Combustion Engine (ICE). Tetapi, kendaraan pribadi, harus 100 persen berbasis listrik.

"IKN konsepnya adalah smart forest city, 70 persennya merupakan kawasan hijau yang sekarang monokultur dan sedang diperbaiki jadi hutan heterogen mendekati tropical rainforest," kata Jokowi saat mengisi Kuliah Umum Presiden di Georgetown Univeristy, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (14/11/2023).

"Transportasinya nanti 80 persen merupakan kendaraan listrik. Penghuni di sana, 100 persen harus pakai kendaraan listrik (pribadi) sehingga akan menjadi kota yang betul-betul hijau yang layak untuk dihuni bersama," lanjut dia.

Sehingga, Jokowi menambahkan, fasilitas pertama yang dibangun di IKN ialah nursery center dan botanical center. Di mana, setiap tahunnya akan menghasilkan 15-16 juta bibit yang ditanam di IKN maupun Pulau Kalimantan.

Adapun pembangkit listik yang digunakan di IKN, juga akan menggunakan energi hijau baik solar panel maupun dari hydropower.

Hal serupa juga sempat dinyatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menyebutkan bahwa pihaknya tengah melakukan pengembangan atas kendaraan listrik sebagai sarana transportasi di IKN.

"Kami sedang merintis untuk dilakukan kalau bisa di dalam negeri atau kerja sama dengan negara pembuat (dari luar). Tetapi harus dibangun di Indonesia atau di-assembly di Indonesia dengan TKDN di atas 50 persen," ujarnya.

Wujud dari kendaraan listrik dimaksud, bisa berupa bus listrik, sepeda motor listrik, maupun mobil listrik.

Pada kesempatan sama, Jokowi juga menyinggung bahwa Amerika Serikat (AS) ialah negara besar yang mempunyai pengaruh luar biasa di global, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, berbagai kerja sama harus dibuka selebar-lebarnya sebagai upaya memperkuat sejumlah sektor kritikal.

"Baik urusan perdagangan, ekonomi, investasi, mineral kritis, sampai urusan transisi energi," kata dia

"Sebagai negara yang akan kaya mineral krisis dan energi hijau, Indonesia dapat menjadi partner AS karena indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar ke-2 terbesar di Indonesia, dan energi hijau dengan potensi 3.600 megawatt," tambah Jokowi.

"Semua itu bisa dikembangkan dan berkontribusi demi kebaikan AS dan Indonesia, juga dunia," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pastikan 80 Persen Transportasi di IKN adalah EV", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/102200715/jokowi-pastikan-80-persen-transportasi-di-ikn-adalah-ev?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm