Disperindag Babel Bersama Tim PKK Babel, Kopel Babel Gelar Bimtek Pasar Lelang Terpadu
Disperindag Babel Bersama Tim PKK Babel, Kopel Babel Gelar Bimtek Pasar Lelang Terpadu ( Disperindag Babel)

Disperindag Babel Bersama Tim PKK Babel, Kopel Babel Gelar Bimtek Pasar Lelang Terpadu

15 November 2023 18:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel bekerjasama dengan Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Koperasi Petani Lada Bangka Belitung mengelar Bimtek Jilid III Sistem Pasar Lelang Terpadu (SPLT).

Bimtek yang dilakukan di Hotel Cordela Kota Pangkalpinang, Rabu (15/11) melibatkan pelaku usaha dan BUMN, Perbankan serta UMKM binaan PKK Provinsi Babel dan Disperindag Provinsi Babel, di buka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, di wakili Kepala Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Nasirin Yusuf.

Dalam sambutanya. Dia mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota beserta seluruh stakeholder terkait didukung oleh Bappebti, memformulasikan suatu mekanisme perdagagangan alternatif yaitu pasar lelang komoditas.

Tujuan adalah untuk mensosialisasikan tentang keberadaan pasar lelang komoditas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus sebagai pengenalan teknis Sistem Pasar Lelang Terpadu, dalam mempermudah transaksi perdagangan komoditas, serta bertujuan mencetak sumber daya manusia yang menguasai sistem pasar lelang secara terpadu, sehingga nantinya sistem tersebut dapat di implementasikan dalam penyelenggaraan pasar lelang komoditas.
Selain itu, lajut Dia, sistem pasar lelang terpadu ini juga bertujuan untuk mempermudah transaksi perdagangan komoditas dengan cara yang lebih mudah seperti transaksi digital, sekaligus juga mempersiapkan sdm pelaku usaha pasar lelang komoditas agar volume perdagangan komoditi daerah semakin meningkat.

“dengan adanya “bimbingan teknis sistem pasar lelang terpadu di Provinsi Babel” diharapkan agar seluruh stakeholder terkait mendukung serta bersama- sama mengembangkan pasar lelang komoditas guna memberikan keuntungan kepada semua pelaku usaha baik produsen, trader, buyer dan end user,” pungkasnya.
Rencananya, dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke- 23 yang jatuh pada tanggal 21 november 2023, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan pasar lelang komoditas lokal Bangka Belitung, sebagai alternatif market bagi produsen dalam memasarkan produknya sekaligus tempat dimana para produsen mendapatkan bahan baku bagi proses produksi selanjutnya.

“mudahan-mudahan dengan diselenggarakannya acara ini dapat memajukan dunia usaha di Babel termasuk UMKM yang ada. Kegiatan merupakan kerjasama antara Disperindag Babel dengan tim penggerak PKK Provinsi Babel serta Koperasi Petani Lada Babel,” imbuhnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap, agar kegiatan ini dapat mendukung pengembangan pasar lelang khususnya komoditas unggulan Babel, agar mata rantai pemasaran hasil komoditas tersebut dapat diperpendek, biaya pemasaran dapat ditekan, harga komoditi dapat terbentuk secara transparan dan adil yang menguntungkan semua pihak. (Humas Disperindag Babel)

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm