Indonesia-Jerman kerja sama kembangkan transportasi hijau(KEMENHUB)
Indonesia-Jerman kerja sama kembangkan transportasi hijau(KEMENHUB) ( KOMPAS.COM)

Tekan Emisi, Indonesia Gandeng Jerman Untuk Kembangkan Transportasi Hijau

15 November 2023 20:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menggandeng pemerintah Jerman, Indonesia akan terus bekerja sama mengembangkan sistem transportasi hijau yang ramah lingkungan. Hal ini sebagai dukungan terhadap inisiatif infrastruktur hijau.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi karbon. Karena itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya menciptakan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan.

"Kedua negara telah menjalin hubungan baik selama sekitar 60 tahun dan telah bekerja sama mengurangi emisi karbon untuk memerangi perubahan iklim," kata Budi dalam keterangan resminya, Selasa (14/11/2023).

Pemerintah Jerman melalui KFW Development Bank telah sepakat mengimplementasikan kerja sama pendanaan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan atau transportasi hijau yang akan diterapkan di sejumlah kota yang ada di Indonesia.

Sebagai contoh inisiatif kerja sama Indonesia dengan Jerman melalui KFW yaitu, pembangunan sistem Bus Rapid Transit (BRT) di Semarang dan Surabaya, termasuk dalam sektor perkeretaapian di Surabaya.

"Harapan kita ke depannya, semoga lebih banyak proyek transportasi hijau yang segera akan dimulai, sejalan dengan rencana jangka menengah (RPJMN) 2025-2029," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tekan Emisi, Indonesia Gandeng Jerman Kembangkan Transportasi Hijau", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/113100915/tekan-emisi-indonesia-gandeng-jerman-kembangkan-transportasi-hijau.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm