Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagar(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagar(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Kunci Gembok Bisa Untuk Cegah Motor Dicuri?

15 November 2023 21:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada situasi apapun dan di manapun, pengendara motor harus sangat mewaspadai adanya resiko pencurian (curanmor). Untuk itu, perlu diterapkan pengaman tambahan, supaya motor tidak gampang dicuri.

Pengaman tambahan biasanya dipasang secara khusus di komponen-komponen tertentu, seperti rem tangan, shockbreaker, bahkan piringan cakram.

Jenis pengaman yang cukup populer adalah gembok pagar yang dipasang di lubang cakram motor. Walau harganya murah, perlindungannya diklaim cukup baik.

Akan tetapi, benarkah gembok bisa sepenuhnya melindungi motor dari curanmor, dan apakah alat semacam ini aman digunakan motor?

Menjawab pertanyaan ini, Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang mengatakan, gembok memang bisa memberikan perlindungan tambahan untuk motor.

“Namanya pengaman tambahan ya jelas ada fungsinya. Kalau cakram digembok kan motor jadi enggak bisa dijalankan,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Rabu (15/11/2023).

Kendati demikian, anto menjelaskan bila ada beberapa poin yang harus diperhatikan pengguna, terkait gembok jenis apa yang digunakan.

Jika gembok yang dipakai terlalu murah, kualitasnya pasti tidak bagus dan sangat bisa patah saat motor digerakkan. Anto sendiri mengaku jika ini merupakan pengalaman pribadinya.

“Adik saya pakai gembok pagar yang murah, paling Rp 20.000 harganya. Itu lupa kalau posisinya masih nempel (dipasang). Waktu motor dipakai jalan, (gembok) langsung patah,” kata dia bercerita.

Tapi di sisi lain, apabila gembok yang digunakan terlampau kuat dan pengendara lupa jika posisinya sedang terpasang, cakram motor bisa kalah dan patah, karena tidak kuat beradu.

“Pastinya jangan sampai lupa kalau memang posisinya motor digembok, jangan asal gas,” kata Anto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Kunci Gembok Bisa Cegah Motor Dicuri?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/161200515/mitos-atau-fakta-kunci-gembok-bisa-cegah-motor-dicuri-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm