Mobil listrik Xiaomi SU7(Dok. Carnewschina.com)
Mobil listrik Xiaomi SU7(Dok. Carnewschina.com) ( KOMPAS.COM)

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Mulai Diperkenalkan, Intip Untuk Spesifikasinya

16 November 2023 15:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik Xiaomi akhirnya diperkenalkan. Menggunakan nama SU7, mobil ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan bisa bersaing dengan sedan listrik sekelasnya.

Dikutip dari Carnewschina.com, Kamis (16/11/2023), produsen smartphone Xiaomi mengajukan lisensi penjualan untuk mobil listrik pertamanya di China. Dokumen tersebut juga mengungkapkan beberapa spesifikasi mobil.

Mobil listrik ini akan diproduksi secara kontrak oleh Beijing Automotive Industry Corporation (BAIC), bukan Xiaomi. Mobil listrik ini sebelumnya dikenal dengan nama kode MS11 dan akan dipasarkan dengan nama SU7.

Setiap mobil yang dipasarkan di China harus harus disetujui oleh regulator setempat sebelum masuk ke pasar. Untuk itu, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi atau Ministry of Industry and Information Technology (MIIT), menerbitkan daftar kendaraan yang telah melalui proses homologasi setiap bulannya.

Para produsen mobil tidak senang dengan kebijakan tersebut, karena mengungkapkan gambar dan spesifikasi mobil yang belum diluncurkan.

Xiaomi SU7 adalah sedan listrik yang memiliki dimensi dengan panjang 4.997 mm, lebar 1.963 mm, dan tinggi 1.455 mm, serta jarak sumbu roda 3.000 mm. Mobil ini akan memiliki dua pilihan roda, 19 inci dan 20 inci, dengan spesifikasi bannya masing-masing 245/45 R19 dan 245/40 R20.

Xiaomi menunjukkan ada dua versi, yakni dengan Light Detection dan Ranging (Lidar) dan tanpa Lidar. Lidar dipasang di belakang kaca depan. Alat ini merupakan salah satu komponen utama pada Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Pada gambar yang diunggah, terlihat ada kamera pada pilar B. Kemungkinan besar Xiaomi SU7 akan memiliki fitur pengenalan wajah untuk bisa membuka kunci pintu mobil.

Bicara soal dapur pacu, SU7 menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan motor listrik berdaya 220 kW dan sistem penggerak semua roda dengan 495 kW. Baterai yang digunakan adalah LFP dari BYD untuk tipe terendah. Sedangkan tipe tertinggi, dibekali baterai NMC dari CATL.

Bobotnya mencapai 1.980 kg dan kecepatan maksimumnya dibatasi sampai 210 kilometer per jam untuk tipe terendah. Sedangkan tipe tertinggi, bobotnya 2.205 kg dan kecepatan maksimum tembus 265 kilometer per jam.

Menurut dokumen yang diunggah oleh MIIT, sedan listrik ini hadir dengan tiga tipe, yakni SU7, SU7 Pro, dan SU7 Max. Beberapa tipe akan dibekali dengan spoiler belakang yang aktif.

Sistem pengoperasian dalam mobil SU7 akan didukung oleh HyperOS dari Xiaomi. Sistem ini dikembangkan sendiri yang dapat memberi daya pada smartphone dan mobil.

Xiaomi akan mulai memproduksi massal SU7 pada Desember 2023. Selanjutnya, distribusi akan mulai dilakukan pada Februari 2024. Pabrik BAIC di Beijing kabarnya juga sudah melakukan percobaan produksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Listrik Xiaomi SU7 Mulai Diperkenalkan, Intip Spesifikasinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/16/072200315/mobil-listrik-xiaomi-su7-mulai-diperkenalkan-intip-spesifikasinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm