Disperindag Babel Gelar Kick Off Meeting Wasdal Industri, Dukung Ketahanan Industri Berkelanjutan
Disperindag Babel Gelar Kick Off Meeting Wasdal Industri, Dukung Ketahanan Industri Berkelanjutan ( Disperindag Babel)

Disperindag Babel Gelar Kick Off Meeting Wasdal Industri, Dukung Ketahanan Industri Berkelanjutan

16 November 2023 15:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam upaya meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka belitung, khususnya di sektor perindustrian. Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar acara Kick Off Meeting Wasdal Industri, Kamis, (16/11) di ruang Rapat Disperindag Provinsi Babel.
Mengundang 34 orang peserta dari OPD di lingkungan kabupaten, kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel.
Di dampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin dalam sambutanya menjelaskan, bahwa sejalan dengan upaya meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Babel, diperlukan kebijakan untuk memberikan kepastian berusaha, kepastian hukum, dan penciptaan iklim usaha yang memberi rasa aman dan kondusif untuk melakukan kegiatan usaha.
Kunci untuk melakukan hal tersebut kata Dia, adalah pengawasan dan pengendalian. Dimana untuk pengawasan telah diterbitkan peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2021, tentang pedoman dan tata cara pengawasan dan pengendalian industri Kementerian Perindustrian.
Dimana perannya adalah untuk menyusun pengawasan dan pengendalian usaha industri dan usaha kawasan industry, dalam hal menjaga pemenuhan kepatuhan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri terhadap regulasi bidang industry, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian.
“Berdasarkan data di SIINAS dari 101 perusahaan industry, yang memiliki akun SIINAS hanya 78 perusahaan yang menyampaikan laporan di semester I tahun 2023. hal ini seharusnya menjadi perhatian dan kewajiban kita bersama dalam mendorong perusahaan industri untuk menyampaikan laporan semester di SIINAS,” katanya.
Dirinya menegaskan bahwa, pelaksanaan pengawasan di tahun 2023 dilakukan terhadap 37 perusahaan industri yang ada di kabupaten dan kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan adapun parameter untuk mengukur kepatuhan perusahaan industri terhadap peraturan di bidang perindustrian, dilakukan melalui kriteria penilaian kepatuhan perizinan berusaha yang meliputi perizinan dasar, perizinan berusaha.
Selain itu, memiliki sarana produksi yang mengacu kepada K3, data industri, memiliki struktur organisasi SDM yang terdokumentasi dengan uraian tugas dan pembagian kewenangan dalam organisasi usaha, menyediakan pelayanan minimal kepada konsumen, memiliki sistem manajemen usaha dan manajemen mutu.
Oleh sebab itu, dalam kegiatan Kick Off Meeting Rapat Koordinasi Pengawasan Dan Pengendalian Industri ini diharapkannya, mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi usaha industri sehingga dapat meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi sektor perindustrian, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dalam laporanya menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam upaya meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi khususnya sektor perindustrian di Babel.
Maka lajut Supianto, diperlukan kebijakan untuk memberikan kepastian berusaha, kepastian hukum, dan menciptakan iklim usaha yang memberi rasa aman dan kondusif untuk melakukan kegiatan usaha bagi perusahaan industri.
Adapun peserta dalam ajang kegiatan Kick Off Meeting ini, diikuti oleh 34 orang peserta yang terdiri dari OPD terkait di lingkungan Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala UPT, Penyuluh Lingkup Perindustrian dan Perdagangan Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm