Polisi mendorong sepeda motor di tanjakan Clongop, Gunungkidul DI Yogyakarta.(Dok Polsek Gedangsari)
Polisi mendorong sepeda motor di tanjakan Clongop, Gunungkidul DI Yogyakarta.(Dok Polsek Gedangsari) ( KOMPAS.COM)

Gagal Menanjak Menggunakan Skutik, Lebih Baik Turun atau Mundur Lagi?

16 November 2023 18:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kondisi jalanan di Indonesia memang sangat beragam, tidak semuanya rata. Misal ketika mengendarai motor ke luar kota, pasti ditemui saja jalanan yang menanjak dan terjal.

Sebenarnya, melewati jalanan yang menanjak ada tekniknya sendiri. Usahakan sebelum naik, sudah menyiapkan kecepatan atau momentum yang besar dari bawah, jadi bisa melintasi tanjakan dengan aman.

Cuma, ada saja kalanya perhitungan salah, kecepatannya ternyata tidak cukup dan motor tidak kuat di tengah-tengah tanjakan. Jika sudah begitu, lebih baik turun dari motor atau mencoba tanjakannya lagi dari bawah?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, kalau misal sampai berhenti di tengah-tengah tanjakan, pastikan untuk jaga keseimbangan agar motor tidak terjatuh.

"Kemudian coba tambah gas, kalau tetap tidak dapat naik, sebaiknya turun sambil gas," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Kalau misal harus mundur lagi dan mengulangi menanjak dengan momentum lebih besar, yang ada malah risiko terjatuh. Ketika mundur, tanjakan terjal tadi malah jadi turunan yang curam, berbahaya.

"Yang dikawatirkan (kalau mundur), keseimbangan jadi hilang sehingga terjatuh," kata Agus.

Jadi paling aman adalah turun sambil tetap menjaga keseimbangan motor dan putar gas. Selain itu, biasanya di lokasi tanjakan curam sering ada orang yang membantu dorong motor-motor yang gagal menanjak, tenang saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gagal Menanjak Pakai Skutik, Lebih Baik Turun atau Mundur Lagi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/16/110200415/gagal-menanjak-pakai-skutik-lebih-baik-turun-atau-mundur-lagi-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm