Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto.
Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto. ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy )

Jangan Letakkan Hp di Dashboard Motor untuk Antisipasi Maraknya Aksi Penjambretan

18 November 2023 07:42 WIB

SonoraBangka.id - Untuk antisipasi kembali terjadinya aksi penjambretan, masyarakat diimbau tidak menunjukkan barang berharganya khususnya saat berkendara jalanan umum. 

Hal ini diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto mengingat sebelumnya tim buser naga berhasil meringkus pelaku penjambretan. 

"Iya tentunya kita imbau agar masyarakat harus berhati-hati, tentunya diri sendiri juga harus meminimalisir segala kemungkinan termasuk mencegah adanya niat orang lain melakukan tindak pidana," ujar Kompol Evry Susanto, Jum'at (17/11/2023). 

Sebelumnya tindak pidana pencurian atau aksi penjambretan, menimpa seorang mahasiswi di daerah Kelurahan Paritlalang Sabtu (7/10/2023) sekitar pukul 23.15 wib. 

Kala itu korban bahkan sempat terjatuh dari sepeda motor, usai tas sandang berhasil ditarik pelaku penjambretan yang kini sudah diringkus tim buser naga. 

"Kalau bisa tas atau apapun yang berharga disimpan, mungkin bisa di dalam bagasi motor. Lalu juga diusahakan, agar tidak keluar malam apalagi tempat yang sepi kecuali memang kondisinya mendadak," jelasnya. 

Selain menghindari aksi penjambretan, perwira balok tiga ini juga mengimbau masyarakat untuk tidak meletakkan handphone di dashboard depan sepeda motor.

Hal ini pun diungkapkan bukan tanpa alasan bahkan dalam satu minggu terakhir tim buser naga Satreskrim Polresta Pangkalpinang, berhasil melakukan ungkap kasus tindak pencurian yang memanfaatkan kelengahan korbannya tersebut. 

"Iya memang para pelaku ini juga memanfaatkan kondisi korbannya, kalau ada kesempatan tentunya mereka tidak akan segan untuk beraksi. Tentunya sekali lagi kita sendiri yang terlebih dahulu, harus mengantisipasi segala tinak tindak pidana yang bia terjadi," jelasnya.  

Sementara itu Kompol Evry Susanto meminta masyarakat, untuk tak segan melaporkan ke aparat kepolisian jika menjadi korban ataupun mengetahui informasi adanya dugaan tindak pidana. 

Diungkapkannya bahwa, setiap laporan tentunya akandi terima, sementara mekanismenya ada dan juga pasti akan di tindak lanjuti laporan dari masyarakat.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Antisipasi Maraknya Aksi Penjambretan, Jangan Letakkan Hp di Dashboard Motor, Hindari Jalanan Sepi, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/17/antisipasi-maraknya-aksi-penjambretan-jangan-letakkan-hp-di-dashboard-motor-hindari-jalanan-sepi.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm