Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Depati Amir Pangkalpinang Kurniaji, saat melihat kondisi cuaca di monitor komputer pantauan cuaca di Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 B Depati Amir, Kota Pangkalpinang
Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Depati Amir Pangkalpinang Kurniaji, saat melihat kondisi cuaca di monitor komputer pantauan cuaca di Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 B Depati Amir, Kota Pangkalpinang ( Bangkapos.com/Yuranda )

Masa Peralihan Kemarau ke Penghujan, Babel Masuk Fase Pancaroba

18 November 2023 09:01 WIB

SonoraBangka.id - Kurniaji selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, mengatakan saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sedang memasuki fase pancaroba.

Fase pancaroba yang dimaksud adalah peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, dengan tanda-tanda sudah mulai ada hujan lebat di beberapa waktu.

BMKG Pangkalpinang sudah memberikan peringatan potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk tiga hari ke depan mulai dari tanggal 17-19 November 2023.

Tanggal 18 November 2023, BMKG memperingati prakiraan adanya hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang, sore dan dini hari di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya.

Tanggal 19 November 2023, BMKG mewaspadai adanya hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang dan sore di wilayah Bangka Barat, Pangkalpinang, Bangka, Bangka Selatan dan Bangka Tengah.

Menurut Kurniaji, cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan seperti ini. Misalnya, hujan sedang sampai lebat yang tiba-tiba dan terjadi berulang-ulang sepanjang hari serta angin kencang serta puting beliung yang mengintai di pancaroba.

Kurniaji juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat beraktifitas di luar apalagi ketika sudah melihat tanda-tanda cuaca yg kurang bersahabat akan terjadi, lebih baik untuk menunggu sejenak hingga cuaca kembali aman untuk kembali beraktifitas di luar rumah.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Peralihan Kemarau ke Penghujan, Bangka Belitung Masuk Fase Pancaroba, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/17/peralihan-kemarau-ke-penghujan-bangka-belitung-masuk-fase-pancaroba.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm