Ilustrasi kompas feng shui, peta bagua.(SHUTTERSTOCK/HELLORF ZCOOL)
Ilustrasi kompas feng shui, peta bagua.(SHUTTERSTOCK/HELLORF ZCOOL) ( KOMPAS.COM)

Cara Menggunakan Peta Bagua di Rumah supaya Datangkan Energi Positif

18 November 2023 17:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Feng shui merupakan ilmu Tiongkok kuno yang mempelajari tentang aliran energi di dalam ruangan.

Kalau sudah familiar dengan feng shui, Anda mungkin pernah mendengar tentang peta bagua.

Laura Morris, konsultan dan pendidik feng shui asal Kanada, mengatakan peta bagua merupakan alat yang digunakan dalam feng shui untuk memahami dan meningkatkan energi di dalam sebuah ruang.

Peta bagua ini dibagi menjadi sembilan bidang yang disebut gua, masing-masing mewakili aspek tertentu dari kehidupan, seperti karier, kesehatan, kekayaan, spiritualitas, kreativitas, keluarga, dan hubungan.

Dengan menggunakan peta bagua, Anda dapat menciptakan rumah yang lebih harmonis dan seimbang, yang akan mendukung kebahagiaan serta kesejahteraan penghuninya. 

Dikutip dari Living Etc, Jumat (17/11/2023), cara menggunakan peta bagua di rumah perlu meletakkannya di atas denah rumah, kemudian memakai kompas untuk menentukan arah rumah Anda.

Setelah itu, mulai mengaitkan gua-gua di peta dengan berbagai ruangan di rumah. Jika pintu depan rumah menghadap ke selatan, gua satu akan terletak di ruang tamu, kemudian gua kedua akan terletak di dapur, dan seterusnya.

Setelah mengetahui gua mana yang terkait dengan setiap ruangan di rumah, Anda dapat mulai membuat perubahan untuk meningkatkan energi di area tersebut.

Misalnya, apabila ingin meningkatkan karier, Anda dapat menempatkan benda-benda yang melambangkan kesuksesan dan kemakmuran di gua pertama.    

Untuk mengaktifkan peta bagua area tertentu di rumah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satu caranya  menggunakan warna. 

Setiap gua di peta bagua dikaitkan dengan elemen tertentu dan masing-masing elemen dikaitkan dengan warna tertentu.

Misalnya, gua pertama yang berkaitan dengan karier dan reputasi, dikaitkan dengan elemen api, sehingga memakai warna merah, oranye, juga kuning.

Jika ingin meningkatkan karier dan reputasi, Anda dapat menambahkan warna-warna tersebut ke area gua pertama di rumah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menggunakan Peta Bagua di Rumah agar Datangkan Energi Positif", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/17/183700076/cara-menggunakan-peta-bagua-di-rumah-agar-datangkan-energi-positif.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm