Ilustrasi daun bawang.
Ilustrasi daun bawang. ( Shutterstock/Jeanne Emmel)

Terlihat Sangat Mirip, Berikut 4 Beda Daun Bawang dan Bawang Prei

19 November 2023 06:22 WIB

SonoraBangka.id -  Daun bawang dan bawang prei sangat mirip. Meski demikian, keduanya berbeda. Daun bawang dikenal dengan sebutan green onions dalam bahasa Inggris, sementara bawang prei disebut leeks. Ada beberapa perbedaan daun bawang dan bawang prei yang bisa kamu simak, dilansir dari Master Class berikut ini.

1. Spesies

Jenisnya sama, tetapi daun bawang dan bawang prei berasal dari spesies berbeda. Bawang prei termasuk dalam spesies Allium ampeloprasum, sementara daun bawang termasuk spesies Allium cepa. Famili allium dari keduanya juga mencakup bawang merah, bawang bombai, dan kucai.

2. Ukuran bawang prei lebih besar

Daun bawang lebih kecil daripada bawang prei. Biasanya dijual dalam bentuk ikatan. Sementara itu, bawang prei umum dijual berbentuk batang tunggal, meskipun ada juga yang mengikatnya seperti daun bawang.

3. Rasa daun bawang lebih tajam

Daun bawang dan bawang prei sama-sama beraroma khas yang juga biasa tercium dari jenis bawang lainnya. Namun, rasa bawang prei lebih ringan dan lembut, sedangkan daun bawang tercium lebih tajam.

4. Bawang prei lebih lama dimasak

Bawang prei membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak agar terasa empuk. Biasanya digunakan dalam sup. Daun bawang lebih cepat matang dan lebih sering digunakan dalam masakan tumis dan gorengan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Beda Daun Bawang dan Bawang Prei yang Terlihat Sangat Mirip", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/18/180300675/4-beda-daun-bawang-dan-bawang-prei-yang-terlihat-sangat-mirip.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm