Stroberi
Stroberi ( pexels.com)

Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Berikut 6 Manfaat Makan Buah

19 November 2023 07:04 WIB

SonoraBangka.id -  Setiap buah mengandung nutrisi berbeda. Paling tidak, vitamin di dalamnya tidak sama semua. Rasa buah yang nikmat membuatnya lebih mudah dikonsumsi daripada sayur yang identik dengan pahit. Gula buah dianggap aman.

Buah juga disarankan dikonsumsi setiap hari dengan jenis berbeda dan jumlah yang cukup. Sebab, di balik manisnya buah, ada beragam manfaat kesehatan yang bisa didapat, seperti dilansir Eat This berikut ini.

1. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan dalam buah juga membantu menunda kerusakan sel kulit. Caranya, mengurangi peradangan dan memberi perlindungan dari radikal bebas. Sebab, radikal bebas dapat mempercepat penuaan kulit dan memecah kolagen dalam tubuh sehingga kulit terlihat kusam. Mengonsumsi buah tinggi vitamin C dapat membantu manfaat ini semakin maksimal, seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan jambu biji.

2. Membuat tubuh terhidrasi

Selain minum air putih, makan buah juga bisa membantu tubuh terhidrasi karena mengandung banyak air. Semangka, misalnya. Hampir sebagian besar buah ini mengandung air serta vitamin dan mineral. Cairan akan membantu pencernaan melalui nutrisi ke sel yang menormalkan tekanan darah dan detak jantung. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian pada lebih dari 26.000 orang menemukan bahwa semakin banyak buah yang dikonsumsi, semakin sedikit lemak tubuh. Hal ini sejalan dengan tinjauan sistematis pada 2019 yang menunjukkan bahwa buah berperan dalam pencegahan obesitas. Sebagian besar buah rendah kalori dan tinggi serat. Membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan mengurangi porsi makan harian.

4. Mengurangi peradangan

Hampir semua buah mengandung antioksidan atau zat yang bisa melawan radikal bebas untuk mengurangi peradangan. Jenis buah dengan antioksidan tinggi adalah beri. Jeruk juga mengandung antioksidan tinggi dan baik untuk membantu mengurangi peradangan.

5. Menangkal penyakit kronis

Mengonsumsi buah setiap hari bisa bermanfaat untuk menyangkal risiko beberapa penyakit kronis. Alasannya, buah kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan fitonutrien yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi menurun. 

6. Menjaga kesehatan usus

Buah sumber serat makanan yang baik sehingga bisa membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan. Serat akan membuat rasa kenyang bertahan lama dan mencegah sembelit, melancarkan pencernaan. Mengolah buah menjadi cara tepat untuk memecah serat dan membuatnya lebih mudah dicerna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Manfaat Makan Buah Setiap Hari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/16/150300975/6-manfaat-makan-buah-setiap-hari-bisa-bantu-turunkan-berat-badan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm