Ilustrasi teknik au bain marie yang biasa digunakan untuk melelehkan cokelat.
Ilustrasi teknik au bain marie yang biasa digunakan untuk melelehkan cokelat. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Alex Dmr)

Mengenal Double Boiler, Teknik Melelehkan Cokelat dengan 2 Panci

19 November 2023 07:07 WIB

SonoraBangka.id - Cokelat tidak bisa dilelehkan begitu saja di dalam panci. Bukannya leleh, cokelat malah menjadi kering dan membuat bau gosong.

Cara paling tepat melelehkan cokelat adalah menggunakan double boiler. Teknik memasak ini juga dikenal dengan sebutan au bain marie.

Dilansir dari Master Class, double boiler adalah cara memasak menggunakan dua panci sekaligus. Satu panci berisi air mendidih, sementara panci lain diletakkan di atasnya dan berisi bahan makanan yang ingin dilelehkan, sepert cokelat.

Selain itu, double boiler juga bisa digunakan untuk membuat saus, mengkus adonan, dan menyiapkan telur guna membuat krim.

Wadah kedua atau yang paling atas tidak harus berupa panci. Double boiler juga bisa dilakukan dengan satu panci dan satu wadah tahan panas apa saja.

Pastikan kamu menggunakan mangkuk kaca atau stainless steel yang sudah jelas tahan panas dan aman untuk makanan.

Cegah bagian bawah mangkuk bergoyang dan membuat air masuk ke dalamnya. Sebab, double boiler merupakan teknik memasak memanfaatkan panas air mendidih, bukan air secara langsung.

Beberapa bahan yang diolah dengan teknik ini seharusnya tak terkena air agar tidak rusak atau gagal. 

Kamu bisa memegang wadah tahan panas di atas panci mendidih dengan satu tangan berbalut kain agar tetap stabil.

Tips lainnya, gunakan wadah berukuran lebih besar daripada panci berisi air mendidih agar tidak mudah kemasukkan air.

Sesuaikan ukuran keduanya dengan jumlah bahan yang ingin dilelehkan untuk memudahkan proses memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Double Boiler, Teknik Melelehkan Cokelat dengan 2 Panci", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/16/140200375/mengenal-double-boiler-teknik-melelehkan-cokelat-dengan-2-panci.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm