Ilustrasi cara mengusir nyamuk.(SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA)
Ilustrasi cara mengusir nyamuk.(SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA) ( KOMPAS.COM)

10 Untuk Cara Mengusir Nyamuk secara Alami, Ada Serai, Kopi, dan Bawang

19 November 2023 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Jelang pergantian musim, pemilik rumah perlu memperhatikan potensi serangan serangga di rumah.

Nyamuk termasuk serangga yang banyak berkembang biak di musim hujan. Mereka memanfaatkan genangan air sebagai tempat membesarkan jentik-jentik.

Di sisi lain, nyamuk akan memilih rumah sebagai tempat berlindung dari hujan. Ini membuat mereka lebih banyak masuk dan mengganggu pemilik rumah.

Bila dibiarkan, nyamuk tersebut dapat menularkan penyakit mematikan ke orang-orang di rumah. Oleh sebabnya, pemilik rumah perlu menyiapkan cara mengusir nyamuk di rumah.

Insektisida berbahan kimia dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Tapi, bahan-bahan alami dapat menjadi alternatif lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk secara alami?

Cara mengusir nyamuk

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah atau dalam ruangan lain secara alami:

1. Hilangkan kelembapan di rumah

Kamar mandi, dapur, dan ruangan yang lembap selama musim hujan menyebabkan lokasi tersebut ideal sebagai tempat nyamuk berkembang biak. Karena itu, hilangkan kelembapannya untuk usir nyamuk.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm