Rheumatic heart disease (RHD) atau familier disebut penyakit jantung rematik adalah komplikasi dari penyakit demam rematik yang dapat menyebabkan kerusakan katup pada organ jantung. Salah satu prosedur penanganannya yakni bedah mitral valve replacement. (Dok. Freepik)
Rheumatic heart disease (RHD) atau familier disebut penyakit jantung rematik adalah komplikasi dari penyakit demam rematik yang dapat menyebabkan kerusakan katup pada organ jantung. Salah satu prosedur penanganannya yakni bedah mitral valve replacement. (Dok. Freepik) ( KOMPAS.COM)

Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Sakit Jantung, Bagaimana Untuk Gejala dan Pengobatannya?

19 November 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seorang perempuan asal Jakarta, Rika Astria (25) berbagi kisah tentang penyakit jantung rematik yang dialaminya akibat gigi berlubang.

Mulanya, ia didiagnosis jantung rematik karena adanya pembengkakan jantung dan merasakan beberapa gejala pada tubuhnya.

"Tanda-tanda yang saya rasain dulu, gampang lelah padahal tidak melakukan apa-apa, terus tidak bisa tidur telentang karena sesak dan harus tidur pakai dua bantal, batuk tak kunjung berhenti, dan badan lemas," ungkapnya, dilansir dari Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Saat itu, Rika melakukan echocardiography (pemeriksaan struktural jantung) pertama dan dokter mengatakan bahwa katup jantungnya lengket dan ada kebocoran juga di jantungnya.

"Lanjut echocardiography kedua bulan September kemarin. Dokter bilang katupku rusak dan didiagnosis jantung rematik," kata Rika.

"Saya sempat nanya penyebabnya apa, dan dokter bilang ini bisa jadi dari demam rematik, sakit tenggorokan, dan gigi berlubang," imbuhnya.

Lantas, bagaimana gigi berlubang bisa menyebabkan jantung rematik?

Apa itu penyakit jantung rematik?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RS UNS Habibie Arifianto mengatakan, penyakit jantung rematik (PJR) adalah penyakit akibat komplikasi dari demam rematik yang akhirnya mengakibatkan gangguan fungsional katup jantung.

"Biasanya katup yang terserang akan mengalami pengapuran dan pengerasan sehingga akan sulit untuk bisa terbuka atau menutup dengan normal," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm