Ilustrasi daun sirih
Ilustrasi daun sirih ( SHUTTERSTOCK/HARISMOYO )

Inilah Daftar Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

20 November 2023 15:21 WIB

SonoraBangka.id - Khasiat daun sirih untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara.

Daun sirih ternyata banyak mengandung manfaat khususnya untuk wanita.

Daun sirih merupakan tanaman hias yang telah dikenal secara luas dalam budaya masyarakat, karena manfaatnya yang beragam dan kemudahan dalam budidayanya.

Kandungan nutrisi dalam daun sirih mencakup protein, vitamin A, B1, B2, flavonoid, asam nikotinat, tanin, fenol, saponin, minyak atsiri, polifenol, natrium, dan yodium.

Kombinasi kandungan tersebut membuat daun sirih bukan hanya sebuah tanaman biasa, melainkan juga sumber nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan.

Lebih dari sekadar tanaman hias, daun sirih menjadi obat alami yang berpotensi besar, terutama untuk kesehatan perempuan.

Air rebusan daun sirih dipercaya memiliki sejumlah manfaat yang beragam, seperti yang dikutip dari laman Gramedia.com berikut ini.

1. Mengurangi Keputihan

Keputihan merupakan masalah umum yang sering dihadapi perempuan. Kabar baiknya, keputihan dapat diatasi dengan menggunakan air rebusan daun sirih. 

Cara menggunakannya, rebus daun sirih ke dalam 2 gelas air selama 5-10 menit, tunggu hingga warna air rebusan daun sirih berubah dan daun mulai layu serta air rebusannya berkurang jadi setengahnya, kemudian saring air rebusan daun sirih dan diamkan hingga suhunya turun.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm