Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo)

7 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Disantap saat di Yogyakarta

21 November 2023 16:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Yogyakarta adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Mungkin, banyak yang mengenal Yogyakarta sebagai kota dengan berbagai tempat bersejarah dan suasana yang tenang. Untuk itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang berburu tiket pulang pergi seperti Jakarta ke Yogyakarta dan tiket pesawat Yogyakarta-Jakarta.

Sejatinya, Yogyakarta tidak hanya terkenal karena warisan sejarahnya yang kaya, tetapi juga merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Kota ini menawarkan berbagai macam hidangan lezat yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi.

Bagi Anda yang akan berlibur ke Yogyakarta, berikut ini 7 rekomendasi kuliner yang wajib Anda coba selama berada di kota istimewa ini.

  1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg, hidangan khas Yogyakarta, dapat dinikmati di berbagai tempat di kota ini. Namun, Gudeg Mercon Bu Tinah menonjol dengan keunikan rasa pedasnya yang menjadi ciri khas. Terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, tempat ini tidak hanya menawarkan gudeg yang lezat, tetapi juga suasana angkringan tradisional yang membuat pengunjung betah untuk kembali lagi ke sini.

Gudeg Mercon Bu Tinah menggunakan nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Rasa pedasnya datang dari penggunaan cabai yang akan membuat rasa tersebut bersatu dan menciptakan perpaduan gurih, manis dan pedas dalam satu suapan. Gudeg Mercon Bu Tinah ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang suka dengan kuliner Pedas

  1. Sate Klathak Pak Pong

Jika Anda ingin mencoba variasi lain dari sate, Anda bisa mencoba menu sate klathak saat di Yogyakarta. Salah satunya di Sate Klathak Pak Pong. Sate Klathak Pak Pong adalah surganya bagi para penggemar sate. Sate klathak, dengan tusuk berbahan stainless steel yang unik, memberikan pengalaman makan yang berbeda.

Daging kambing muda yang empuk dan bumbu khas membuat hidangan ini selalu menjadi favorit di hati para pengunjung. Suasana yang ramah dan tradisional menjadikan Sate Klathak Mbah Pak Pong tempat yang sempurna untuk bersantap sate yang lezat.

  1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan adalah warung kecil yang menawarkan berbagai makanan ringan dan nasi kucing dengan harga terjangkau. Berlokasi di pinggir jalan, angkringan merupakan tempat favorit bagi pelajar dan pekerja yang mencari hidangan lezat namun ramah di kantong.

Salah satunya adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man yang terletak di Jl. poncowinatan No. 7. Selain menyajikan Sate telur puyuh, tahu, tempe, dan sambal khas angkringan, angkringan ini juga menyediakan Kopi Jos, kopi yang disajikan dengan arang dan menjadi salah satu kuliner khas Jawa Tengah.

  1. Bakmi Jowo Mbah Gito

Pencinta mie wajib mencicipi Bakmi Jawa Mbah Gito. Mie Jawa yang disajikan di sini memiliki cita rasa khas yang sulit dilupakan. Porsi yang mengenyangkan dan harga yang terjangkau menjadikan Bakmi Jawa Mbah Gito selalu ramai dikunjungi. Mie kenyal yang disajikan dengan kuah gurih, potongan daging ayam, dan sayuran segar melengkapi pengalaman kuliner Anda di Yogyakarta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm