Pabrik Hyundai(Kompas.com/Donny)
Pabrik Hyundai(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Pabrik Baterai Hyundai Melakukan Produksi Mulai April 2024

21 November 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Hyundai sudah memulai pembangunan pabrik baterai listrik di Indonesia. Pabrik di Karawang, Jawa Barat adalah hasil kolaborasi antara Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution (LGES) LTd.

Pabrik baterai kendaraan listrik Hyundai bertempat di kompleks Karawang New Industrial City (KNIC) yang pembangunannya resmi dilakukan pada September 2021 lalu.

"Pabrik baterai siap April 2024," kata Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), yang ditemui akhir pekan lalu.

Pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat, berdiri di lahan seluas 330.000 meter persegi dengan dana investasi mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 16 triliun.

Fasilitas ini dinilai dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan ekosistem Battery Electric Vehicle (BEV) secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Pabrik baterai di Karawang ini bisa memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun yang bisa memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV.

"Tapi intinya seluruh nanti kendaraan EV yang ada di Indonesia Hyundai akan menggunakan baterai yang diproduksi lokal. Ioniq 6 tidak Ioniq 5 mungkin, sama satu lagi," katanya.

Meski demikian Frans tidak menjami apakah jika sudah pakai baterai buatan lokal harga mobil listrik Hyundai atau turun atau tidak karena masih studi.

"Kalau harga nanti kita akan sampaikan nanti dipelajari," ungkapnya.

Frans mengatakan, ke depan pihaknya akan mulai memproduksi mobil listrik baru. Tapi dia masih menutup keran informasi.

"Kami akan mulai produksi EV model baru yang akan kami perkenalkan tapi kalau ditanya apa dan harganya berapa masih studi tapi tunggu tanggal mainnya saja," ujar Frans.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pabrik Baterai Hyundai Produksi Mulai April 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/21/154100315/pabrik-baterai-hyundai-produksi-mulai-april-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm