PLN Salurkan Bantuan TJSL Penanamam Pohon 1001 Kelekak
PLN Salurkan Bantuan TJSL Penanamam Pohon 1001 Kelekak ( Humas PLN)

Salurkan Bantuan TJSL Penanamam Pohon 1001 Kelekak, PLN Dukung Green Transformation

22 November 2023 08:19 WIB

SONORABANGKA.ID - PLN menyalurkan Bantuan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) berupa penanaman pohon untuk revitalisasi  1001 Kelekak di Desa Sempan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka pada tanggal 17 November 2023.

Kelekak sendiri merupakan sebuah singkatan  yang  berasal dari bahasa Bangka Belitung "Kelak Kek Ikak" yang artinya adalah "Nanti untuk Kalian".

Secara makna sendiri kelekak merupakan pengelolaan atau konservasi hutan yang ditanami dengan pohon-pohon produktif seperti pohon buah-buahan dan lainnya  yang dapat dimanfaatkan atau dinikmati hasilnya oleh anak cucu dan penerus dimasa yang akan datang.

Penanaman pohon ini dilakukan oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) bersama dengan Yayasan Flora Fauna Bangka Belitung serta masyarakat Desa Sempan, Petaling dan Kemuja Kabupaten Bangka.

Manajer Pengendali Kesehatan & Keselamatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan (K3L&Kam) PLN UIW Babel dalam hal ini diwakili oleh Assitant Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UIW Babel, Ardiyansah dalam sambutanya menyebutkan, program yang diinisiasi bersama dengan Yayasan Flora Fauna Bangka Belitung ini merupakan program TJSL di bidang Lingkungan.

"PLN saat ini, tidak hanya fokus pada penyaluran tenaga listrik saja, namun juga menjalankan bisnisnya dengan terus bertransformasi salah satunya di bidang _Green Transformation_ yakni bisnis yang berorientasi ramah lingkungan," tutur Ardi.

Wujud nyata PLN dalam  menjaga lingkungan, PLN melalui  program TJSL setiap tahun melaksanakan program  penanaman pohon  yang mana tahun ini pohon yang ditanam adalah pohon-pohon produktif seperti Durian, Alpukat, Mangga, Cempedak dan lainnya.

"Penanaman pohon ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan, menjaga ekosistem flora fauna, mengurangi polusi udara dan menghijaukan bumi serta yang spesial dari program ini yakni menjaga budaya kearifan lokal dengan mengangkat tema Revitalisasi Kelekak," tambah Ardi.

Yayasan Flora Fauna Babel merupakan komunitas yang peduli terhadap kelestarian flora fauna di Babel sebagai patner PLN dalam menjalankan program ini sangat antusias dengan melibatkan masyarakat desa dan tokoh masyarakat setempat.

"Kami bekerjasama dengan PLN untuk melaksanakan program penanaman pohon sebagai revitalisasi 1001 Kelekak, dimana telah disediakan sekitar 2000 bibit yang akan disebar ke beberapa desa di Kabupaten Bangka diantaranya 1200 bibit durian, 300 bibit cempedak, 250 bibit tanaman buah lokal dan 250 bibit tanaman hutan," kata Ade Yusni Franata, M.Si. selaku Ketua Yayasan Flora Fauna Bangka Belitung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm