Ilustrasi pelat nomor.(ntmcpolri.info)
Ilustrasi pelat nomor.(ntmcpolri.info) ( KOMPAS.COM)

Video Toyota Agya Pakai Pelat Cantik, Sekian Untuk Biaya Pajaknya

22 November 2023 16:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beredar video di media sosial yang menunjukkan mobil Toyota Agya menggunakan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) alias pelat nomor pilihan atau biasa yang dikenal dengan pelat nomor cantik.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama Lowslow Indonesia, Selasa (22/11/2023). Dalam tayangan itu terlihat Toyota Agya berkelir abu-abu menggunakan NRKB dengan nomor B 57 tanpa diikuti angka di belakangnya.

Sontak hal itu pun menuai respons dari sejumlah warganet. Sebab, biasanya pelat nomor cantik digunakan untuk mobil menengah ke atas. Alasannya, tentu saja karena tak terlepas dari biaya pajak yang terbilang mahal.

Maka dari itu, banyak warganet yang heran pelat nomor cantik digunakan pada mobil Agya yang notabenenya masuk ke segmen low cost green car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan.

“Agya bukan sembarang Agya,” tulis komentar @_tiannaibaho.

“Udah dicek di samsat Dki beneran dong asli platnya,” tulis komentar 2237rzky_.

“Aura2 nasabah prioritas,” tulis akun bangnopall.real.

Ketika dicek oleh tim redaksi, pelat nomor tersebut terdaftar dengan merek kendaraan Toyota tipe Agya 1.0 G AT 2016. Artinya, NRKB tersebut bukan pelat bodong alias asli.

Untuk diketahui, setiap pemilik kendaraan bisa menggunakan NRKB atau pelat nomor cantik sesuai keinginan. Biasanya dengan tujuan untuk menghiasi kendaraannya hingga menunjukkan identitas si pemilik kendaraan.

Sebagai contoh, pelat nomor cantik jika dibaca sekilas menyerupai ejaan di pemilik mobil, seperti B 0 5 sehingga dapat dibaca “BOS”, atau B 112 VAN yang dapat terbaca “Irvan”.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm