Kia EV6 GT Line dimodifikasi audionya oleh Cartens Audio Jakarta(IST)
Kia EV6 GT Line dimodifikasi audionya oleh Cartens Audio Jakarta(IST) ( KOMPAS.COM)

Ini Untuk Warna Mobil yang Paling Kuat Terjemur Matahari

22 November 2023 17:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan matahari bersinar sepanjang tahun. Sedangkan sinar matahari merupakan salah satu penyebab warna cat mobil pudar atau menurun.

Kalau mobil sering terjemur sinar matahari langsung biasanya cat cepat pudar. Untuk itu pemilik disarankan parkir di tempat teduh, atau kalau terpaksa mobil diberikan sarung atau cover untuk melindungi cat.

CEO Makko Group, Christopher Sebastian mengatakan, dari semua warna mobil maka warna perak atau silver merupakan warna cat yang paling kuat dan tidak cepat "buluk" jika terkena sinar matahari.

"Dia lebih kuat. Sebetulnya bukan lebih kuat sih tapi tidak terlalu terlihat (jika pudar), memang warna silver itu adalah warna yang paling tahan," ujar Christopher kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Menurut Christopher, warna silver merupakan warna yang paling cocok buat orang yang malas merawat mobil. Warna silver cenderung "bersih" walau pemiliknya malas menjaga kebersihan eksterior.

"Jadi biasanya buat orang yang sering bilang, jika kita termasuk orang yang jarang untuk merawat mobil lebih baik pilih warna silver sebab paling aman," ujarnya.

"Memang dari karakter warnanya yang paling aman untuk mengalami perubahan warna. Hitam itu masih masalah karena kalau hitam masih turun warnanya, jadi tidak solid lagi," ungkap Christopher.

Adapun warna yang paling mudah mengalami penurunan kualitas ialah warna merah solid. Menurut Christopher, warna merah memiliki kandungan yang cepat pudar jika kerap terpapar sinar matahari.

"Untuk warna-warna yang solid, contohnya merah. Warna mobil merah kalau terjemur terus menerus otomatis cat mobilnya akan luntur. Biasnaya warna mobil merah, pernah saya juga mobil saya, berubah jadi pink," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Warna Mobil yang Paling Kuat Terjemur Matahari", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/22/090200715/ini-warna-mobil-yang-paling-kuat-terjemur-matahari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm