Pilihan mobil bekas murah untuk mudik lebaran 2023, harga mulai Rp 100 Juta(KOMPAS.com/Daafa)
Pilihan mobil bekas murah untuk mudik lebaran 2023, harga mulai Rp 100 Juta(KOMPAS.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Penjualan Untuk Mobil Bekas di Libur Nataru Tidak Sebanyak Lebaran

22 November 2023 18:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Periode akhir tahun jelang libur panjang Nataru (natal dan tahun baru), biasa dipilih konsumen sebagai momen untuk membeli mobil.

Kondisi ini dinilai baik, khususnya bagi pedagang mobil bekas, karena konsumen yang sangat memperhitungkan nilai ekonomis akan memilih kendaraan dengan banderol murah.

Pedagang mobil bekas mengatakan, penjualan saat Nataru memang cenderung meningkat, tapi tidak terlalu signifikan jika dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Fathur Robbani, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas Aldebaraan Mobilindo BSD menjelaskan, periode Nataru tidak terlalu spesial bagi para pedagang, dan tidak ada upaya persiapan khusus.

“Penjualannya naik memang, tapi biasa saja. Bukan naik yang wah, sampai berkali-kali lipat penjualan,” ucapnya saat ditemui Kompas.com di Tangerang, Selasa (21/11/2023).

Menurutnya, periode penjualan yang paling baik bagi pedagang adalah di waktu-waktu menjelang Lebaran Idul Fitri, selama bulan Ramadhan.

Selama minggu-minggu Ramadhan, penjualan mobil diklaim meningkat drastis. Fathur mengatakan, situasi ini dimanakan rush week alias pekan sibuk.

Sesuai namanya, permintaan untuk mobil bekas dalam kurun satu pekan sangatlah tinggi dan perputaran produknya cepat, bahkan melebihi penjualan di bulan-bulan lainnya.

“Pernah dulu, penjualan selama 5 hari saja waktu dekat lebaran bisa sampai 20 unit, itu belum seminggu. Padahal sebulan mungkin kisaran 15 mobil (terjual). Itu cuma 5 hari,” kata Fathur.

Situasi semacam ini juga dibenarkan oleh Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong.

Menurutnya, belum ada momen lain yang bisa mengalahkan intensitas berjualan mobil bekas saat ramadhan. Dirinya bahkan mengaku kalau pernah hampir kehabisan stok.

“Kalau deket Lebaran, stok mobilnya pasti saya tambah, dan ada beberapa yang saya amankan juga supaya aman,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjualan Mobil Bekas di Libur Nataru Tidak Sebanyak Lebaran", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/22/101200015/penjualan-mobil-bekas-di-libur-nataru-tidak-sebanyak-lebaran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm