PLN ICON PLUS bekerja sama dengan PT TVS Motor Company Indonesia dalam hal pengembangan ekosistem kendaraan berbasis listrik dan turunannya di TVS Motor Company Indonesia Factory (Dok. TVS Motor)
PLN ICON PLUS bekerja sama dengan PT TVS Motor Company Indonesia dalam hal pengembangan ekosistem kendaraan berbasis listrik dan turunannya di TVS Motor Company Indonesia Factory (Dok. TVS Motor) ( KOMPAS.COM)

PLN Berikan Diskon Untuk Pemakaian Charging Station bagi Pembeli Mobil Listrik

22 November 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan bakal terus mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia sebagai upaya mencapai netralitas karbon pada 2060 mendatang.

Salah satu dukungannya ini dilakukan memalui pemberian diskon pemasangan daya baru dan pemakaian charging station bagi pembeli mobil listrik.

Executive Vice President Pengembangan Produk Niaga PLN Ririn Rachmawardini mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan listrik dalam merealisasikan kemudahan tersebut.

“Kami sudah berkolaborasi dengan semua APM, termasuk Hyundai untuk pemasangannya dan juga biaya penyambungan yang kami berikan diskon," kata dia dalam diskusi virtual, Selasa (21/11/2023).

"Kemudian juga untuk tarifnya yang kami berikan diskon di pukul 22.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB,” lanjutnya.

Untuk pengisian daya baterai mobil listrik melalui wall charger, diskon yang diberikan PLN cukup besar. Ririn mengungkapkan, potongannya hingga 30 persen.

Sehingga tagihan listrik akan lebih murah dan memudahkan konsumen dalam melakukan pengecasan.

“(Diskon) sekitar 30 persen. Jadi, itu untuk mempercepat beberapa relaksasi yang diberikan PLN ini supaya kendaraan listrik ini benar-benar bisa tumbuh. Tarif juga bisa dilihat di apalikasi PLN Mobile,” tuturnya.

PLN memang juga tengah melakukan penyempurnaan aplikasi PLN Mobile yang nantinya seluruh SPKLU bisa terintegrasi dengan baik. Dampaknya, pengguna mobil listrik bisa menemukan stasiun pengisian daya dengan lebih mudah.

“Kemudian kami masih menyiapkan infrastruktur untuk digitalisasinya, pengembangan-pengembangan itu di PLN Mobile itu masih kita kembangkan terus ya. Nantinya seluruh SPKLU kita akan terintgrasi,” ucap Ririn.

Secara nasional hingga Oktober 2023, PLN telah menyediakan 622 unit SPKLU, 1.839 unit SPBKLU dan 9.139 unit SPLU. Jumlah tersebut akan terus bertambah demi memastikan infrastruktur EV tersedia di setiap wilayah Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Berikan Diskon Pemakaian Charging Station bagi Pembeli Mobil Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/22/174200915/pln-berikan-diskon-pemakaian-charging-station-bagi-pembeli-mobil-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm