Ilustrasi pomelo salad jeruk bali.
Ilustrasi pomelo salad jeruk bali. ( SHUTTERSTOCK/bonchan)

Berikut 4 Cara Memilih Jeruk Bali untuk Diolah Menjadi Rujak Serut

23 November 2023 08:03 WIB

SonoraBangka.id - Jeruk bali atau pomelo adalah jenis jeruk yang memiliki ukuran besar, berdiameter sekitar 15 sampai 30 sentimeter. Jeruk bali merupakan salah satu bahan untuk membuat rujak serut, sebelum membuat dessert favorit tentunya harus memilih jeruk bali yang enak.

Simak cara memilih jeruk bali untuk rujak serut berikut, dikutip dari majalah "Sedap / JUN 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Pilih dari warnanya

Jika kamu membeli jeruk bali di swalayan atau pasar, pastikan untuk memperhatikan warnanya. Carilah jeruk bali dengan warna kuning cerah atau pucat atau sedikit hijau juga tidak masalah. Rasanya lebih enak.

2. Tidak ada bercak

Selanjutnya pilih jeruk bali dengan kulit yang mulus tanpa bercak, dan licin permukaannya.

3. Membeli jeruk bali kemasan

Apabila kamu membeli jeruk bali yang sudah dikupas maka pastikan kulit pembungkusnya tidak kering.

4. Pilih daging yang segar

Pastikan memilih daging jeruk bali segar yang butirannya kelihatan menggembung dan tidak kering. Buah segar dengan banyak air cocok untuk bahan rujak serut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Memilih Jeruk Bali untuk Diolah Menjadi Rujak Serut", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/22/220500675/4-cara-memilih-jeruk-bali-untuk-diolah-menjadi-rujak-serut.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm