Sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) siap diterapkan di Indonesia. Pada tahap awal, transaksi tol nirsentuh dimulai di Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR)
Sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) siap diterapkan di Indonesia. Pada tahap awal, transaksi tol nirsentuh dimulai di Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR) ( kompas.com)

Cara Kerja Bayar Tol Nirsentuh yang Akan Mulai Diterapkan di Indonesia

23 November 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh MLFF di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/11/2023).

Menteri Basuki mengatakan, MLFF perlu disosialisasikan dengan jelas kepada masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa berhenti ini. Untuk dapat mengubah kebiasaan transaksi cash menjadi non-cash membutuhkan waktu.

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimistis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," ucap Basuki, dalam keterangan resmi, Rabu (22/11/2023).

Multi Lane Free Flow sendiri merupakan transaksi pembayaran tol yang bisa dilakukan oleh kendaraan dalam kecepatan normal, dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Dengan adanya inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh, akan menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyaman ketika melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Kemudian, untuk cara kerja MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Setelah itu, GPS akan menentukan lokasi dideterminasi oleh satelite dan proses map-matching akan bekerja di central system.

Ketika kendaraan keluar jalan tol dan proses map-matching berakhir, maka sistem akan melakukan kalkulasi tarif. Sehingga, pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol.

Perlu diketahui, cara kerja MLFF berbeda dengan sistem pembayaran tol konvensional sebelumnya. Di mana, transaksi pembayaran di gerbang tol membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping kartu elektronik.

Diterapkannya teknologi MLFF di Indonesia, membuat pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran.

Nantinya, ketika kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. Ini membuat waktu transaksi berkurang, dari 10 detik bisa menjadi 4 detik.

Selain memangkas waktu transaksi, manfaat MLFF yang lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Kerja Bayar Tol Nirsentuh yang Akan Diterapkan di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/131200215/cara-kerja-bayar-tol-nirsentuh-yang-akan-diterapkan-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm