Sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) siap diterapkan di Indonesia. Pada tahap awal, transaksi tol nirsentuh dimulai di Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR)
Sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) siap diterapkan di Indonesia. Pada tahap awal, transaksi tol nirsentuh dimulai di Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR) ( kompas.com)

Setelah Bali, Uji Coba Untuk Bayar Tol Nirsentuh Akan Dilakukan di Jakarta dan Jabar

23 November 2023 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengagendakan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh nontunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Gerbang Tol Ngurah Rai pada Desember 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, usai berhasil uji coba MLFF di Tol Bali Mandara, akan dijajal di ruas jalan tol Jakarta dan Jawa Barat.

“Pertama Bali dulu, pekan kedua Desember Bali. Nanti dievaluasi, kalau oke baru kita masukkan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat,” ucap Basuki di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Sebelumnya, Basuki menyebutkan, akan dilakukan uji coba MLFF di 6 ruas tol lain jika uji perdana di Tol Bali Mandara sukses.

Sehingga, setelah uji coba akan dilakukan evaluasi pada akhir Desember 2023. Jika ditemukan kekurangan, akan diperbaiki. Tapi, bila dinyatakan berhasil, maka MLFF diperluas ke gate dan ruas tol lain.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, uji MLFF di Tol Bali Mandara akan dilakukan di satu jalur terlebih dahulu.

“Itu kan ada empat-lima lane, kita coba satu lane dulu saja, jadi yang lain tetap biasa,” ucapnya.

Sebagai informasi, MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria untuk meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.

Bahkan, Pemerintah Hungaria berinvestasi 100 persen dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar 4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Bali, Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh Akan Dilakukan di Jakarta dan Jabar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/161200815/setelah-bali-uji-coba-bayar-tol-nirsentuh-akan-dilakukan-di-jakarta-dan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm