Penampilan campak darat pada malam pembukaan pekan kebudayaan daerah Belitung 2023 di Halaman Gedung Nasional, Kamis (23/11/2023).
Penampilan campak darat pada malam pembukaan pekan kebudayaan daerah Belitung 2023 di Halaman Gedung Nasional, Kamis (23/11/2023). ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasar )

Pekan Kebudayaan Belitung 2023 Diwarnai Campak Darat dan Dul Mulok

24 November 2023 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Pada 22-25 November 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung mengadakan pekan kebudayaan daerah Belitung 2023.

Beragam penampilan kesenian daerah seperti campak darat, keroncong stambul fajar, dan dul mulok akan mewarnai event yang resmi dibuka oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie di halaman gedung nasional, Kamis (23/11/2023) malam. 

Pada malam pembukaan pekan kebudayaan daerah Belitung 2023, turut dimeriahkan penampilan tarian kontemporer 'kulup bakau' oleh siswa SD Negeri 22 Sijuk. 

 

Ketua Panitia Penyelenggara PKD Belitung 2023, Fithrorozi mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menjalin gagasan pemajuan kebudayaan yang tidak terlepas dari pokok pikiran kebudayaan daerah.

Logo PKD 2023 mengangkat bentuk ambong yang bermakna bahwa layaknya seperti tali ambong, jalinan PKD hendaknya menguatkan pilar-pilar kebudayaan yang menjadi unsur strategis pemajuan kebudayaan yakni perlindungan, pemanfaatan, pengembangan, dan pembinaan.

"Empat kegiatan pokok, pertunjukan seni, pameran etnografi, workshop, dan akhir kegiatan Sabtu (25/11/2023) malam ada penganugerahan tokoh pemajuan kebudayaan Kabupaten Belitung," kata pria yang juga Kabid Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Belitung ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan bahwa pekan kebudayaan daerah menjadi kegiatan yang sangat penting di balik gempuran seni dan budaya luar, dimana anak-anak gen Z dan alfa akan mulai melupakan budaya Indonesia apalagi Budaya Belitung. 

"Saya bersyukur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, banyak kegiatan sekolah yang memasukkan muatan lokal yang tidak meninggalkan budaya Belitung," katanya. 

Ya, ia juga berharap perangkat daerah di Belitung semakin masif memanfaatkan media sosial untuk memviralkan budaya lokal. Sehingga dapat mempromosikan kekuatan Belitung dalam kearifan lokal.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Campak Darat dan Dul Mulok Warnai Pekan Kebudayaan Belitung 2023, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/23/campak-darat-dan-dul-mulok-warnai-pekan-kebudayaan-belitung-2023.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm