Tim Dinkes Belitung Timur saat melakukan penyemprotan fogging
Tim Dinkes Belitung Timur saat melakukan penyemprotan fogging ( Ist Dinkes)

Belitung Timur Terjadi 25 Kasus DBD, Dinkes Imbau Masyarakat Waspada Memasuki Musim Hujan

24 November 2023 11:24 WIB

SonoraBangka.id - Ada 25 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dari Januari hingga Oktober 2023 yang dicatat Dinas Kesehatan Belitung Timur.

Kebanyakan kasus itu terjadi karena faktor lingkungan yang kotor dan penyimpanan air yang tidak baik.

Analis Penyakit Menular Bidang P2P Dinas Kesehatan Belitung Timur, Happy Ida Irawan mengatakan dari 25 kasus itu paling banyak ditemukan di Manggar dengan sembilan kasus. Diikuti dengan Renggiang, Gantung, dan Dendang masing-masing ada 6, 5, dan 4 kasus.

 

"Paling banyak ditemukan di bulan Agustus dengan enam kasus. Kalau dilihat per bulan, dari Agustus sampai Oktober terus menurun kasusnya dengan masing-masing 6, 4, dan 2 kasus," kata Happy kepada Posbelitung.co, Jumat (24/11/2023).

Happy menjelaskan turunnya kasus selama tiga bulan terakhir diperkirakan karena faktor cuaca panas sehingga mengurangi perindukan nyamuk di luar rumah yang biasanya ditemukan di barang-barang bekas, seperti ban bekas, bak penampungan air hujan dan lainnya.

Barang-barang itu tidak ada genangan air yang di musim penghujan bisa menampung air dan menjadi tempat perindukan nyamuk aedes agepty.

Meski begitu, saat ini di Belitung Timur sudah mulai diguyur hujan meskipun belum tiap hari. Karena itu Happy mengimbau agar masyarakat waspada dan mengantisipasi penyebaran nyamuk di rumah.

"Ketika masuk musim penghujan, agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, memberantas perindukan nyamuk aedes dengan 3M plus agar terhindar dari penularan penyakit DBD," kata Happy.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2022 lalu jumlah kasus DBD di Belitung Timur berjumlah 28 kasus. 

Happy berharap kasus tahun 2023 tidak melebihi tahun kemarin. Karena pihaknya sudah melakukan upaya-upaya terkait pembasmian DBD di Belitung Timur.

"Kami dan kawan-kawan Puskesmas, mulai dari pengelola program DBD, pengelola kesling, dan pengelola promkes waspada peningkatan di awal musim penghujan yang biasanya terjadi. Upaya-upaya penyelidikan epidemiologi, fogging, dan lainnya juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penyebaran," kata Happy.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 25 Kasus DBD di Belitung Timur, Dinkes Imbau Masyarakat Waspada Memasuki Musim Hujan, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/24/25-kasus-dbd-di-belitung-timur-dinkes-imbau-masyarakat-waspada-memasuki-musim-hujan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm