Ilustrasi Pembangkit listrik tenaga nuklir di Cattenom, Perancis bagian timur.
Ilustrasi Pembangkit listrik tenaga nuklir di Cattenom, Perancis bagian timur. ( AFP/KOMPAS.COM )

Rencanakan Pembangunan PLTN di Bangka Tengah, Masyarakat Harus Dapat Edukasi dan Membawa Keberkahan

25 November 2023 09:04 WIB

SonoraBangka.id - Rencananya, Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan dijadikan tempat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berbasis Thorium.

PLTN ini direncakakan akan dibangun di Pulau Gelasa Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Tengah Me Hoa mengatakan masyarakat harus mendapatkan edukasi yang akurat agar dipahami mengenai wacana tersebut.

"Orang takut dengan keselamatan jiwa, maka itu dulu yang harus utama sehingga barometer untuk jaminan keselamatan itu yang harus dapat diterima masyarakat awam," ujar Me Hoa, Jumat (24/11/2023).

Dia mengatakan jika sudah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Proyek Strategis Nasional, maka daerah menyesuaikan dan persiapan perencanaan yang matang.

"Saat ini masih dalam proses persiapan. Tentunya pada akhirnya harus ada berbagai izin seperti AMDAL dari kementerian LHK, keselamatan nuklir oleh BAPETEN dan izin operasi PLTN oleh ESDM dan masih banyak lagi, termasuk persetujuan pemerintah pusat," katanya.

Dia menyakini pastinya pemerintah pusat sudah mempertimbangkan semua aspek secara komprehensif sehingga DPRD Bangka Tengah yakin semua akan berjalan dengan lancar dan aman.

"Kemudian yang harus di ingat adalah Nuklir telah di tetapkan oleh pemerintah untuk masih dalam bauran energi untuk masuk menuju net zero emisi.

Saya melihat nuklir adalah keniscayaan bagi bangsa Indonesia yang juga visi bapak pendiri Bangsa Ir Soekarno sehingga adalah keniscayaan, bila tidak di Babel maka pasti terjadi di wilayah lain," lanjutnya. 

Me Hoa menambahkan dengan Babel menjadi tuna rumah dibangunnya PLTT ini maka akan membuat Babel menjadi provinsi berbasis teknologi tinggi.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm