Contoh karpet insulator untuk mobil, aksesori ini bisa meredam kebisingan dari luar dan menambah kekedapan kabin(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Contoh karpet insulator untuk mobil, aksesori ini bisa meredam kebisingan dari luar dan menambah kekedapan kabin(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Sebelum Melakukan Modifikasi Audio Mobil, Pastikan Juga Kualitas Peredam Kabin

25 November 2023 18:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat melakukan modifikasi audio mobil, ada beberapa tahap yang harus dijadikan pertimbangan oleh konsumen. Salah satunya menyangkut keuangan, dan berapa banyak dana untuk dianggarkan.

Bila konsumen hendak mendapatkan audio mobil plug and play dengan kualitas baik, anggarannya mulai dari Rp 7,5 juta. Banderol ini sudah termasuk biaya pemasangan dan beberapa aksesori sound system ringkas.

Tapi, jika konsumen hendak mengeluarkan biaya ekstra dan menambah sensasi audio, bisa mengambil peredam kabin sebagai opsi ekstra.

Peredam kabin adalah aksesori berupa karpet tebal dan dipasang di bagian luar-dalam bodi mobil, dan sesuai namanya, bisa meningkatkan kesenyapan interior.

Satu hal yang harus dipahami, peredam kabin ternyata ada dua jenis dan fungsinya berbeda. Jenis pertama berfungsi mereduksi getaran serta guncangan saat berkendara, sedangkan lainnya berfungsi meningkatkan kualitas audio.

Tedy Junaidi, Owner Bengkel Spesialis Audio Niki Motor Tangerang, menjelaskan, konsumen biasanya kesulitan membedakan dua jenis peredam ini. Karena secara kasat mata, tampilan keduanya cukup serupa.

“Secara bahan dan cara pemasangannya beda. Komposisi peredam khusus audio sama sekedar penghilang kebisingan itu enggak sama,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Dia menjelaskan, peredam khusus audio yang bagus biasanya terbuat dari campuran bahan butyl latex, sejenis bahan perekat elastis, dan damper foam alias busa kedap suara.

Kombinasi dua material tersebut punya efek khusus, karena tidak hanya bereduksi noise alias suara bising dari luar, tapi juga meningkatkan resonansi sound speaker di dalam kabin.

“Kalau pernah ke studio musik, tembok-temboknya kan ditempeli busa-busa hitam kan. Ya kurang lebih fungsinya peredam seperti itu, walaupun pasti tidak sama persis ya,” kata Teddy.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm