Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.(Foto Humas Polda Jabar )
Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.(Foto Humas Polda Jabar ) ( KOMPAS.COM)

Jangan Dorong Mobil Matik Saat Mogok, Bisa Berisiko Rusak

26 November 2023 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil mogok bisa terjadi kapan saja dan disebabkan berbagai faktor. Banyak pemilik kendaraan memilih mendorong mobil yang mogok buat sampai ke bengkel, dengan alasan biaya atau jarak bengkel yang dekat.

Apabila mogok terjadi pada mobil dengan transmisi matik, mendorong mobil matik dapat berisiko merusak komponen transmisi.

Walaupun posisi tuas matik di N sekalipun, mekanikal dalam transmisi tetap berputar ketika roda melaju saat mobil ditarik.

Kondisi tersebut cukup berbahaya, karena mesin yang tidak bekerja membuat pelumas transmisi berhenti.

Pemilik Bengkel Worner Hermas E Prabowo mengatakan, sistem transmisi matik lebih kompleks, sehingga saat mesin sebagian tidak bekerja sebaiknya tidak dioperasikan.

“Komponen mekanis transmisi seperti kopling, bearing, dan gigi transmisi bisa rusak. Untuk mobilitas mobil matik mogok hanya bisa dilakukan menggunakan towing,” ucap Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hermas mengatakan, cara kerja sistem transmisi matik mengandalkan sirkulasi oli yang baru bekerja saat mesin hidup. Jika pelumas sama sekali tidak bersirkulasi, normalnya komponen transmisi otomatis berhenti total.

Selain itu, Hermas juga mengatakan, ketika mobil didorong sebagian mekanikal transmisi akan berputar dengan tanpa pelumas. Sehingga cukup beresiko bagi kendaraan.

“Kalau cuma mendorong jarak dekat bisa dilakukan menggunakan posisi transmisi di N,” ucapnya.

Sementara, Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, memaksa mendorong mobil matik yang mogok bisa menyebabkan kerusakan.

“Bila roda penggerak mobil matik jalan yang mana transmisinya juga otomatis ikut berputar (karena diderek atau ada dorongan), maka akan mengakibatkan kerusakan,” ujar Anjar.

Anjar juga mengatakan, jika mendorong mobil matik yang mogok maka transmisi akan bekerja secara paksa tanpa dilumasi terlebih dahulu.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 mengatakan, saat mobil matik mogok sebaiknya langsung panggil teknisi.

“Jangan pernah mendorong mobil matik sekalipun dalam keadaan terpaksa. Karena dengan mendorong mobil matik, komponen-komponen mesin atau transmisi akan mengalami shock dan akan mempercepat kerusakan, terutama pada komponen drive train” ucap Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Dorong Mobil Matik Saat Mogok, Bisa Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/26/094100115/jangan-dorong-mobil-matik-saat-mogok-bisa-rusak?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm