Ilustrasi wedang tahu sutra dengan kuah gula merah jahe yang hangat di tubuh.
Ilustrasi wedang tahu sutra dengan kuah gula merah jahe yang hangat di tubuh. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo)

Beri Pandan untuk Aroma, Berikut Cara Membuat Wedang Tape Singkong

27 November 2023 14:51 WIB

SonoraBangka.id - Jika mempunyai tapai singkong di rumah kamu bisa mengolahnya menjadi minuman manis yang hangat. Kamu bisa membuat wedang tape singkong terdiri dari bahan seperti gula merah, kayu manis, gula, daun pandan, dan tapai singkong.

Wedang tapai singkong ini dapat disajikan saat cuaca sedang dingin setelah hujan, dikutip dari buku "Yuk Wedangan! Minuman Hangat Legendaris" (2020) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep wedang tape singkong 

Bahan:

200 gram tape singkong, potong sesuai selera

150 gram gula merah

2 lembar daun pandan, simpulkan

1 liter air

50 gram gula pasir

1 batang kayu manis

Cara membuat wedang tape singkong:

1. Rebus air, daun pandan, kayu manis, gula pasir, dan gula merah hingga mendidih, angkat dan saring. Pastikan air rebusan sudah beraroma daun pandan dan kayu manis.

2. Siapkan lima gelas tahan panas, letakkan tape yang sudah dipotong pada masing-masing gelas dengan takaran yang sama. Tuangi dengan air rebusan gula merah pandan.

3. Hidangkan hangat-hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Wedang Tape Singkong, Beri Pandan untuk Aroma", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/26/180400275/resep-wedang-tape-singkong-beri-pandan-untuk-aroma.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm