Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam) di Provinsi Kalimantan Timur.(Dok. Kementerian PUPR)
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam) di Provinsi Kalimantan Timur.(Dok. Kementerian PUPR) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Cek Tarif Tol Pakai Aplikasi Google Maps dan Waze

27 November 2023 21:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Melakukan perjalanan melewati jalan tol dapat menjadi pilihan yang efisien dan cepat untuk mencapai tujuan.

Sebelum menggunakan jalan tol, pastikan saldo e-toll cukup agar proses pembayaran berlangsung lancar dan tidak menghambat kelancaran perjalanan.

Untuk mempermudah menyiapkan dan memeriksa tarif tol, kini pengemudi mobil bisa melihatnya di aplikasi peta digital dari Google Maps atau Waze, yang menyediakan fitur detail rincian tarif ketika melewati jalan tol.

Tapi, perlu diketahui tarif yang disajikan pada aplikasi masih bersifat estimasi. Sehingga, pastikan untuk menyediakan saldo yang lebih dari perkiraan biaya yang ditampilkan.

Estimasi tarif tol tersebut diambil berdasarkan informasi dari pihak pengelola jalan tol, dengan melibatkan perhitungan faktor waktu tertentu yang mungkin mempengaruhi besaran tarif.

Bagi pengemudi mobil yang ingin menggunakan fitur tarif tol di Google Maps ataupun Waze, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki aplikasi tersebut, kemudian mengikuti langkah berikut:

Cara cek tarif tol menggunakan Google Maps

1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone Anda dan pastikan GPS dalam keadaan aktif

2. Klik ikon foto profil pada sebelah kanan kolom pencarian

3. Pilih menu "Setelan"

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm