Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco Bagnaia(Dok. Ducati)
Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco Bagnaia(Dok. Ducati) ( KOMPAS.COM)

Ducati Mendominasi di Berbagai Ajang Balap Untuk Tingkat Dunia

28 November 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ducati bersama pebalap andalannya, Francesco Bagnaia, kembali mengulang sejarah, di mana pebalap Italia menjadi juara dunia MotoGP dengan motor Italia. Ducati juga membuktikan dominasinya di berbagai ajang balap yang lain.

Bagnaia berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Bahkan, dia mematahkan mitos kutukan nomor start 1 yang dibilang tidak bisa mempertahankan gelar juara dunia kalau ada yang menggunakannya.

Hasil tersebut semakin manis dengan ditutup kemenangan pada MotoGP Valencia 2023. Bagnaia memimpin klasemen akhir di depan dua pebalap Ducati lainnya, yakni Jorge Martin dan Marco Bezzecchi.

Ducati juga kembali mencetak rekor dengan menyapu bersih podium pada beberapa seri. Selain kemenangan di MotoGP, tim Ducati menyandingkan gelar juara World Superbike (WorldSBK) juga lewat juara bertahan Alvaro Bautista.

Selain itu, Nicolò Bulega juga meraih kesuksesan pertamanya di World Supersport (WorldSSP) membuktikan filosofi di Borgo Panigale terkait inovasi dan tolak ukur performa tanpa batas.

Benang merah yang menyatukan seluruh kesuksesan musim balap Ducati Corse terletak pada keunggulan teknik yang mengantarkan Desmosedici GP, Panigale V4 R, dan Panigale V2 menjadi motor terbaik di grid pada kejuaraannya masing-masing.

Faktanya, perebutan gelar juara dunia ketiga pebalap tersebut dipadukan dengan kemenangan tiga kali lipat di kategori pabrikan untuk Ducati dalam hal sinergi bakat, semangat, dan dedikasi pabrikan asal Italia.

Tidak ada pabrikan sepeda motor lain sebelum Ducati yang mampu memenangkan gelar juara dunia pebalap dan konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut. Ducati menjadi satu-satunya pabrikan non-Jepang yang mampu meraih gelar juara dunia di MotoGP.

Selama MotoGP 2023, Ducati sukses meraih 17 kemenangan dari 20 seri yang digelar. Kemenangan diraih bukan hanya oleh Bagnaia, tapi oleh lima pebalap Ducati lainnya, yakni Bezzecchi, Martin, Enea Bastianini, Johann Zarco, dan Fabio Di Giannantonio.

Claudio Domenicali, CEO Ducati, mengatakan, satu tahun yang lalu dia ingat bahwa bersama dengan para penggemar dari seluruh dunia, pihaknya merayakan gelar Juara Dunia MotoGP dan Superbike, diliputi oleh kegembiraan dan antusiasme.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm