Transaksi di Pegadaian Pangkalpinang
Transaksi di Pegadaian Pangkalpinang ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Ini Sebab Pegadaian Pangkalpinang untuk Tren Gadai Menurun Jelang Akhir Tahun

29 November 2023 15:35 WIB

SonoraBangka.id - Jelang akhir tahun, tren gadai di Pegadaian Cabang Pangkalpinang tercatat menurun dibandingkan periode hang sama pada akhir tahun lalu.

Transaksi produk gadai di Pegadaian cabai Pangkalpinang tercatat sebesar kurang lebih Rp40 Miliar sepanjang November Tahun 2023.

"Tren gadai kita tahun ini dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sepi, faktornya perekonomian yang turun yang secara analisa semua masyarakat menjaga aset," ungkap Marketing Officer Pegadaian CP Pangkalpinang, Akbar Fitriansyah kepada bangkspos.com, Rabu (28/11/2023).

Tren gadai khususnya emas menjadi barang yang mendominasi memenuhi produk gadai disampig barang elektronik dan kendaraan.

Pasalnya disampaikan Akbar, nilai tukar emas ini bisa mencapai 85 persen dari harga normal tergantung kadar emas. Sedangkan untuk alat elektronik hanya 30 persen dari harga seken.

Dalam proses gadai juga, dia menyebut pihaknya memberikan pelayanan yang sangat mudah dan cepat, hanya dalam hitungan jam, bisa langsung dicairkan apabila sesuai dengan syarat yang tertera.

"Syarat khusus bagi yang ingin gadai ini hanya KTP, surat perhiasan bagi yang mengadai perhiasan, dan perlengkapan berupa kotak dan barang, BPKB bagi yang mengadai elektronik atau kendaraan. Itu uangnya bisa cair langsung, dan bisa dilakukan di kantor atau agen-agen kita yang ada di Daerah," jelas Akbar.

Tak hanya tren gadai saja yang ikut menurun, diakui Akbar, geliat investasi emas saat ini juga mengalami gejolak penurunan sejak tiga pekan terakhir.

"Kalau harga emas saat ini huga cendrung turun, namun memang harga emas ini fluktuatif (tak menentu-red) terganrung dengan kondisi ekonomi," ucapnya. 

"Saat ini kita juga gencar pemasaran, menginformasikan program pegadaian kepada masyatakat, karena banyak yang hanya tau kits Pegadain ini hanya ada produk gadai sementara kita juga melayani program daftar haji, umroh, tabungan emas dan lainnya," ujarnya.

Akbar menyebut, hingga saat ini total nasabah pegadaian Pangkalpinang kurang lebih sebanyak 15ribu nasabah.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jelang Akhir Tahun, Pegadaian Pangkalpinang Catat Tren Gadai Menurun, Ini Penyebabnya, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/29/jelang-akhir-tahun-pegadaian-pangkalpinang-catat-tren-gadai-menurun-ini-penyebabnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm