Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Siapkan Untuk Mobil Listrik Baru, Pakai Baterai Buatan Lokal

29 November 2023 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto menyatakan bahwa pihaknya akan memperkenalkan mobil listrik atau electric vehicle (EV) baru untuk pasar nasional dalam waktu dekat.

Kendati tidak menyebut secara rinci modelnya, dikatakan kendaraan terkait akan lebih terjangkau karena menggunakan baterai lokal. Seiring dengan itu, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produk dimaksud pun akan jauh lebih tinggi.

"Hyundai berkomitmen untuk terus memperkenalkan mobil listrik untuk mendukung pemerintah dalam rangka percepatan era elektrifikasi kendaraan," kata dia dihubungi Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

"Seiring dengan beroperasinya pabrik baterai Hyundai yang bekerja sama dengan LG Energy Solution, Hyundai memiliki kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan mobil listrik dengan variasi model yang lebih banyak dengan TKDN lebih tinggi," ujar Frans.

"Hyundai akan memperkenalkan mobil listrik terbaru dalam waktu dekat ini," lanjutnya.

Sejalan dengan rencana agresif terkait, Frans mengaku pihaknya sudah merumuskan model apa yang sekiranya cocok dihadirkan dan dijual di pasar domestik. Tapi, dia belum mau membuka keran informasi lebih besar.

"Terkait model dan harga, akan kami informasikan lebih lanjut," kata dia.

Pernyataan ini sekaligus mengonfirmasi informasi yang dilontarkan Presiden Hyundai Motor Asia-Pasific HQ Lee Young Tack dalam suatu wawancara mengenai rencana produksi Kona Electric di Indonesia pada paruh pertama 2024.

Tidak sampai di sana, dalam kesempatan tersebut dikatakan juga bahwa Kona Electric akan menjadi model kendaraan listrik pertama Hyundai Indonesia yang menggunakan baterai rakitan lokal.

"Kona Electric akan jadi mobil produksi lokal pertama Hyundai yang dilengkapi dengan baterai produksi lokal. Mobil tersebut tidak hanya akan dirilis di Indonesia tetapi juga diekspor ke negara-negara Asia Tenggara lainnya," kata dia dilansir Koreaherald.com, Selasa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm