Ilustrasi gardan mobil(Ghulam)
Ilustrasi gardan mobil(Ghulam) ( KOMPAS.COM)

Jangan Salah, Mobil FWD Juga Memiliki Gardan

29 November 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gardan atau diferensial merupakan komponen yang berperan mengamankan perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri selaku penggerak.

Ketika mobil berbelok maka dibutuhkan perbedaan putaran roda kanan dan kiri sehingga tidak terjadi ketegangan pada as roda selaku komponen penggerak.

Rupanya, gardan tidak cuma ada pada mobil penggerak roda belakang (RWD) karena mobil penggerak roda depan (FWD) juga membutuhkannya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan gardan pada mobil FWD terdapat di dalam transmisi, menjadi satu.

“Wujudnya gardan pada sistem FWD tidak terlihat karena menyatu dengan transmisi, namun perannya bisa dirasakan terutama saat mobil berbelok,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Hardi mengatakan dengan adanya gardan maka roda kanan dan kiri akan berputar lebih harmonis menyesuaikan kebutuhan.

Saat mobil melaju lurus maka putaran roda penggerak kanan dan kiri sama cepat. Namun. ketika berbelok maka roda di sisi dalam akan berputar lebih pelan sementara satunya lebih cepat.

“Dengan adanya gardan maka perbedaan putaran roda kanan dan kiri tidak akan membuat tegang poros as roda akibat gaya puntir, ini dibutuhkan sistem FWD juga,” ucap Hardi.

Hanya saja, gardan pada mobil FWD tidak membutuhkan perawatan khusus menurut Hardi, karena pelumas yang digunakan ikut dengan oli transmisi.

“Baik transmisi manual atau matik sama saja, konsumen tidak perlu mengganti oli gardan secara terpisah, ikuti saja jadwal ganti oli transmisi, sedangkan mobil RWD oli gardan harus diganti terpisah,” ucap Hardi.

Menurut Hardi perawatan gardan pada mobil FWD satu paket bersama perawatan transmisi sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan uang berlebih.

Jadi, walau mobil FWD memiliki gardan konsumen tidak berkewajiban merawatnya secara khusus karena lokasi komponennya berada di dalam transmisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah, Mobil FWD Juga Punya Gardan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/29/131200715/jangan-salah-mobil-fwd-juga-punya-gardan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm