Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Mie Go
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Mie Go ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah )

Mie Go Tegaskan Tetap Genjot Program Strategis, Meski Inflasi Pangkalpinang Dibawah Target Nasional

2 Desember 2023 06:27 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, November 2023 inflasi Year on Year (y-on-y) Pangkalpinang sebesar 2,75 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,64. 

Perkembangan harga berbagai komoditas pada November 2023 secara umum menunjukkan adanya peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi secara y-on-y. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Mie Go menyebut, angka inflasi kota Pangkalpinang November 2023 sudah sesuai dengan target.

Bahkan kata Mie Go, angka tersebut sudah berada dibawah target Nasional yakni 2,86 persen.

"Inflasi Kota Pangkalpinang bulan Nopember 2023 YoY turun menjadi sebesar 2.75 persen udah sesuai target, dan lebih rendah dari inflasi Nasional y-on-y 2,86 persen, apabila dibandingkan dengan bulan Oktober 2023 inflasi kota Pangkalpinang secara y-on-y 2,88 persen diatas inflasi Nasional 2,56 persen," sebut Mie Go kepada Bangkapos.com, Jumat (1/12/2023).

Meski sudah berada dibawah angka Nasional, kata Mie Go Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang tetap bakal menggenjot program-program strategis tekan angka inflasi menjadi lebih rendah lagi.

"Nanti pertengahan Desember ini kita TPID rencananya akan melaksanakan operasi pasar. Upaya-upaya yang dilakukan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) diantaranya pemantauan (sidak) ketersediaan stok dan pergerakan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor," jelasnya.

Mie Go mengatakan, pihkanya lebih mewaspadai inflasi terjadi diakhir tahun ini. Dengan demikian berbagai langkah-langkah terus dilaksanakan agar inflasi tetap dibawah target Nasional.

"Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan bakal menggelar operasi pasar dan pasar murah untuk bahan kebutuhan pokok dan Rencana Kerjasama Antar Daerah (KAD) untuk komoditas bahan pokok (bahan pangan). Dinas Pangan dan Pertanian, cadangan Pangan Pemerintah Daerah Penguatan Kelompok tani dan wanita tani, bantuan bibit tanaman dan sarana prasarana budi daya, seperti bibit tanaman, pupuk, dan sebagainya Rencana Kerjasama Antar Daerah (KAD) untuk komoditas bahan pangan," papar Mie Go

Selain itu, Mie Go menambahkan, OPD lainnya yang terkait juga dilibatkan seperti Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, hingga Bakeuda.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Inflasi Pangkalpinang Dibawah Target Nasional, Mie Go Tegaskan Tetap Genjot Program Strategis, https://bangka.tribunnews.com/2023/12/01/inflasipangkalpinang-dibawah-target-nasional-mie-go-tegaskan-tetap-genjot-program-strategis.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm