Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandi
Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandi ( PIXABAY/STEVE BUISSINNE)

Berikut 5 Benda Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon Segar

2 Desember 2023 17:23 WIB

SonoraBangka.id - Dapur dan segala peralatan di dalamnya penting untuk dibersihkan demi memastikan higienitas masakan. Membersihkan dapur dapat dilakukan dengan mudah, seperti menggunakan lemon.

Buah ini dapat menjadi pilihan karena sifat asamnya dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap, serta memberikan aroma segar.

Lemon juga sangat efektif untuk mengatasi kotoran atau noda di dapur dengan hasil yang  bersih dan lebih murah daripada produk pembersih biasa, jika dilakukan dengan tepat.

Melansir The Spruce Eats, berikut adalah lima barang di dapur yang memerlukan pembersihan dengan menggunakan buah lemon. 

1. Microwave

Microwave rentan terhadap bau tidak sedap, karena terdapat sisa-sisa makanan atau minyak yang tumpah. Permasalahan ini dapat diatasi dengan mudah, seperti membersihkannya dengan buah lemon.

Cukup peras setengah buah lemon ke dalam mangkuk kecil lalu masukkan ke dalam microwave. Panaskan selama tiga menit dengan panas sedang. Biarkan pintu microwave tertutup selama lima menit. Setelah itu perasan air lemon dapat digunakan untuk membersihkan semua kotoran yang menempel dengan kain lap.

2. Saluran wastafel

Jika kamu memiliki saluran wastafel yang memiliki bau tidak sedap, kamu cukup memberikan perasan dari setengah lemon atau irisan lemon ke dalam saluran dengan air mengalir. Diikuti dengan beberapa es batu untuk menghilangkan kotoran yang tersangkut di saluran wastafel.

Jika kamu ingin membersihkan lebih dalam untuk mengatasi penyumbatan, cobalah menuangkan secangkir soda ke dalam saluran pembuangan, tambah dengan perasan dari tiga lemon. Campuran tersebut akan menghasilkan busa yang dapat membersihkan saluran wastafel. Setelah itu, akhiri pembersihan dengan menuangkan air panas ke saluran wastafel.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm