Ilustrasi biji jintan putih.
Ilustrasi biji jintan putih. ( SHUTTERSTOCK/ Cornelius Krishna Tedjo)

Rasa Rempahnya Nampol, Berikut 3 Bumbu Pengganti Garam Masala

2 Desember 2023 18:05 WIB

SonoraBangka.id - Garam masala adalah campuran rempah khas India. Umumnya, garam masala terdiri dari kayu manis, buah kapulaga hijau, merica hitam, biji ketumbar, biji jintan, fuli (kulit pembungkus biji pala), serta daun salam.

Walau racikan garam masala bisa berbeda di berbagai daerah di India. Bumbu ini sering digunakan untuk membuat kari, sup, semur, dan hidangan penutup.

Jika ingin membuat masakan dengan rasa kompleks tetapi tidak ada garam masala, bisa menggunakan bumbu lain. Pengganti garam masala mungkin tidak memberikan rasa yang identik, tetapi bisa memberikan dimensi rasa yang menarik dalam masakan. Melansir MasterClass, berikut beberapa pengganti garam masala yang dapat digunakan di rumah. 

1. Bubuk kari

Bubuk kari adalah campuran rempah yang paling mirip dengan garam masala, karena terdiri dari berbagai rempah yang banyak digunakan untuk garam masala. Gunakan bubuk kari sebagai pengganti garam masala untuk memberikan sentuhan rasa kaya rempah dalam masakan yang kamu buat. Bubuk kari tidak sehangat garam masala, tetapi rasa dari bubuk kari akan cocok untuk sebagian besar hidangan panas.

2. Campuran merica jamaika dan jintan 

Merica jamaika dan jintan memiliki rasa unik dan bisa digunakan dalam campuran rempah sebagai alternatif garam masala. Keduanya dapat memberikan rasa yang mirip dengan garam masala. Pasalnya, merica jamaika memiliki rasa yang hangat, pedas, dan sedikit manis. Sementara, jintan memiliki rasa yang hangat dan pedas, dengan sedikit rasa pahit. Kamu bisa mencampurkan empat bagian jintan bubuk dengan satu bagian merica untuk pengganti garam masala.

3. Chaat masala

Chaat masala adalah campuran rempah India yang mengandung amchoor (bubuk mangga), jintan, ketumbar, jahe, lada hitam, asafetida (rempah bubuk khas India), garam, dan cabai. Gunakan dalam jumlah yang lebih sedikit untuk pengganti garam masala. Tambahkan secara perlahan agar tidak kebanyakan takaran karena rasa bumbu ini sangat kuat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Bumbu Pengganti Garam Masala untuk Masakan, Rasa Rempahnya Nampol", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/19/120400475/3-bumbu-pengganti-garam-masala-untuk-masakan-rasa-rempahnya-nampol.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm