lustrasi proses membuat nasi goreng pakai wok.
lustrasi proses membuat nasi goreng pakai wok. ( SHUTTERSTOCK/HLPHOTO)

Pakai Suhu Tinggi, Berikut 5 Cara Masak Nasi Goreng ala Kafe

2 Desember 2023 18:11 WIB

SonoraBangka.id - Terkadang, nasi goreng di kafe atau restoran memiliki rasa lebih spesial daripada buatan rumah. Ada alasan khusus di baliknya. Mulai dari resep hingga teknik memasak sang koki yang membuat sajian kian nikmat.

Srasi Coffee & Eatery, misalnya. Kafe milik Ali Andrian dan Maria Suparno ini menawarkan beragam nasi goreng dengan bumbu medok. Keduanya membagikan tips membuat nasi goreng ala kafe yang bisa kamu ikuti di rumah berikut ini.

1. Pakai nasi pera

Ada nasi pera dan nasi pulen bila dilihat dari teksturnya. Kedua jenis nasi ini digunakan untuk hidangan berbeda. Khusus nasi goreng, sebaiknya gunakan nasi pera supaya hasilnya tidak benyek dan terasa nikmat ketika dimakan. "Kalau buat makan biasanya cukup nasi pulen, sementara nasi goreng cocoknya pakai nasi pera," kata Ali.

2. Gunakan sedikit minyak

Minyak diperlukan untuk menumis bumbu nasi goreng, tetapi jumlahnya tidak banyak. Ali menuturkan, minyak untuk memasak nasi goreng cukup sedikit saja. Terlalu banyak minyak membuat nasi gorengnya berminyak.

3. Masak dengan api tinggi 

Suhu tinggi atau api besar sangat penting dalam pembuatan nasi goreng. Hal ini menentukkan aroma dan kematangan  "Apinya besar sehingga terasa smokey di nasi goreng, sama seperti kwetiau. Ini yang membedakannya dengan di rumah," kata Maria saat ditemui Kompas.com di Srasi Coffee & Eatery pada Jumat (17/11/2023).

4. Masak pakai wok 

Koki di kafe ini biasa memasak pakai wok. Menurut Maria, ini termasuk salah satu kunci membuat nasi goreng yang nikmat. "Alatnya pakai wok, digoyang-goyang saat memasak sehingga nasi gorengnya bisa matang merata," kata Ali.

5. Pakai banyak bumbu

Maria dan Ali tidak menyebutkan persis jumlah dan jenis bumbu yang harus digunakan. Namun, keduanya sepakat bahwa bumbu sangat penting dalam pembuatan nasi goreng dan menyarankan penggunaan banyak bumbu supaya terasa medok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Masak Nasi Goreng ala Kafe, Pakai Suhu Tinggi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/20/103600575/5-cara-masak-nasi-goreng-ala-kafe-pakai-suhu-tinggi?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm