Sebuah mobil MPV mengalami aquaplaning di jalan tol (@dashcam_owners_indonesia)
Sebuah mobil MPV mengalami aquaplaning di jalan tol (@dashcam_owners_indonesia) ( KOMPAS.COM)

Fitur Kendali Stabilitas Kendaraan Tak Berdaya Untuk Antisipasi Aquaplaning

2 Desember 2023 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aquaplaning merupakan fenomena alam yang dapat terjadi ketika musim hujan tiba. Kecelakaan tunggal kerap terjadi di jalan tol akibat mobil hilang kendali seolah seperti melayang.

Saat hujan, pengendara mobil justru lebih berpotensi tergelincir karena mereka lebih percaya diri untuk tetap melaju dengan kencang. Empat roda pada mobil dianggap cukup baik menjaga kestabilan, padahal tidak demikian.

Bahkan kendali stabilitas kendaraan (VSC) yang merupakan fitur modern tidak bisa mengantisipasi bahaya aquaplaning. Kenapa bisa demikian, simak penjelasan ahli berikut ini!

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa menangani fenomena aquaplaning, bahkan VSC sekali pun.

“Pada kendaraan ada anti-lock brake system (ABS) dan VSC sebagai fitur keselamatan, namun aquaplaning ini kondisinya ban tidak menapak pada permukaan jalan sehingga diluar kontrol sistem, nah kedua fitur ini bisa efektif ketika ban masih kontak terhadap permukaan jalan,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia mengatakan aquaplaning ini cukup berbahaya bagi pengendara karena kondisi ban memang melayang akibat kecepatan dan hambatan dari genangan air di permukaan jalan. Maka dari itu pengendara mobil di jalan tol perlu waspada.

“Perlu lebih hati-hati apabila ada genangan air, karena banyak kecelakaan disebabkan oleh aquaplaning,” ucap Didi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, aquaplaning tidak akan tertolong bila kondisi mobil benar-benar melayang.

“Bergantung kedalaman air, selama masih ada grip atau gesekan ke ban pada aspal Vehicle Dynamic Control (VDC) mungkin masih bisa mereduksi gejala aquaplaning,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia mengatakan ketika roda melayang atau terjadi aquaplaning maka sama saja laju mobil diluar kemampuan sistem.

“Ketika ban benar-benar ngambang saat kecepatan tinggi itu maka kemampuan kurang efektif, meski mungkin saja fitur tersebut tetap aktif tapi dengan tidak menapaknya ban maka sama saja bohong,” ucap Ibrohim.

Jadi, fenomena aquaplaning ini berbahaya, bisa dikatakan saat ini belum bisa ditanggulangi dengan baik walau mobil sudah menerapkan teknologi yang terbaru sekali pun seperti fitur kendali stabilitas kendaraan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fitur Kendali Stabilitas Kendaraan Tak Berdaya Antisipasi Aquaplaning", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/02/120200915/fitur-kendali-stabilitas-kendaraan-tak-berdaya-antisipasi-aquaplaning.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm