Maki Sushi yang dibuat oleh Naoyuki Shimada, Executive Chef Okuzono Japanese Dining.
Maki Sushi yang dibuat oleh Naoyuki Shimada, Executive Chef Okuzono Japanese Dining. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Tips dari Koki, Berikut Ini Cara Gulung Sushi Maki untuk Pemula

3 Desember 2023 06:24 WIB

SonoraBangka.id - Maki sushi merupakan jenis susyi paling sederhana dan umum ditemukan di restoran jepang. Bentuk sushi ini terbilang ikonik.

Bahannya simpel dan paling mudah dibuat di antara jenis sushi lainnya. Nori, nasi, dan beragam topping sushi diletakan bertumpuk di atas tikar penggulung sushi.

Langkah selanjutnya, menggulung sushi, nampak mudah, walaupun tidak jarang gagal karena sulit membuat gulungan sushi yang sempurna.

Hasbullah, Head Chef Okuzono Japanese Dining, memberikan tips menggulung sushi maki untuk pemula. "Tikar dan norinya ditarik, jangan ditekan saat menggulung sushi," ujar Hasbullah saat ditemui media usai demonstrasi filet ikan yellowtail di Sekretariat ASEAN, Senin (20/11/2023).

Menurut Koki Posisikan kedua tangan di masing-masing ujung tikar penggulung sushi. Letakkan jempol di bawah, sementara empat jari lainnya di atas untuk membentuk gerakan menggulung.

Mulai gulung sushi perlahan dan lakukan seperti yang disampaikan Hasbullah, menarik tikar tanpa menekannya terlalu keras. Arahkan ujung nori ke bagian tengah, tepat di mana topping sushi di tata rapi.

Setelah berhasil menggulung satu kali, tarik tikar bagian atas atau bagian yang belum digulung untuk meratakan posisinya. Lakukan hal yang sama berulang sebanyak hingga dua kali sampai membentuk gulungan sushi sempurna.

Setelah menggulung terakhir, tekan sushi yang masih berada di balik tikar penggulung agar tidak hancur saat dilepas dari tikar dan dipotong. Segera potong-potong sushi menjadi 10 bagian menggunakan pisau tajam. Lap pisau bila ada nasi yang menempel saat memotongnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Gulung Sushi Maki untuk Pemula, Tips dari Koki Restoran Jepang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/23/150300075/cara-gulung-sushi-maki-untuk-pemula-tips-dari-koki-restoran-jepang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm