ilustrasi jus wortel.
ilustrasi jus wortel. ( PIXABAY/COULEUR)

Berikut 3 Cara Sehat Makan Wortel agar Nutrisi Tetap Terjaga

3 Desember 2023 07:11 WIB

SonoraBangka.id - Wortel merupakan sumber vitamin A, antioksidan, vitamin B, dan serat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain dijadikan bahan utama dalam pembuatan sop dan semur, kamu bisa membuat camilan sehat dengan wortel.

Wortel rendah kalori jadi cocok untuk camilan sehat orang diet, pastikan tidak menambahkan kalori lagi saat mengolahnya. Simak cara sehat makan wortel agar nutrisi tetap terjaga, dikutip dari laman Livestrong.com, berikut selengkapnya. 

1. Dikukus

Kamu bisa mengolah wortel dengan cara dikukus, tempatkan wortel sudah dipotong dadu ke dalam mangkuk. Tambahkan air beberapa tetes ke dalam mangkuk berisi wortel, dan tutupi dengan lap bersih basah. Panaskan wortel di dalam microwave hingga cukup empuk untuk dinikmati. Alasan wortel dikukus adalah cara memasak yang sehat karena tidak menambahkan lemak dan tidak kehilangan nutrisinya.

2. Pengganti kentang goreng

Jika membuat menu makanan steik daging atau ayam di rumah, ganti pendampingnya dengan wortel panggang yang manis dan banyak nutrisi. Potong wortel menjadi korek api, kemudian gerimisi dengan minyak zaitun dan panggang di oven, pastikan untuk membolak-balikkan wortel agar matang sempurna.

3. Haluskan wortel

Kamu bisa memakan wortel dengan cara dihaluskan untuk membuat campuran saus ala rumah. Atau jadikan pure wortel sebagai saus dalam salad atau oatmeal. Kamu dapat menikmati wortel tanpa harus mengunyahnya, selain itu mendapatkan serat dan vitamin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Sehat Makan Wortel agar Nutrisi Tetap Terjaga", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/29/073300375/3-cara-sehat-makan-wortel-agar-nutrisi-tetap-terjaga.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm