Kacang adzuki atau kacang azuki banyak dibudidayakan di Asia Timur dan populer di Jepang.
Kacang adzuki atau kacang azuki banyak dibudidayakan di Asia Timur dan populer di Jepang. ( WIKIMEDIA/JUDGEFLORO)

Berikut 3 Cara Olah Kacang Azuki agar Cepat Empuk dan Bersih

3 Desember 2023 07:14 WIB

SonoraBangka.id - Kacang azuki berukuran kecil dan rasanya manis, bentuknya mirip dengan kacang merah. Kacang ini kaya akan serat makanan, kalsium, folat, magnesium, serta vitamin B dan nutrisi lainnya.

Kacang ini dibudidayakan di Asia Timur dan umum digunakan dalam masakan Jepang, Korea, dan China. Kacang azuki harus diolah dengan tepat sebelum dimasak agar hasil masakan bersih, enak, dan kacang empuk. Simak tiga cara tepat mengolah kacang azuki agar empuk, seperti laman Master Class berikut.

1. Bersihkan kacang azuki

Pastikan air bersih dan cukup untuk membersihkan kacang secara menyeluruh. Gunakan saringan untuk membilas kacang kering dengan air dingin. Buang semua kotoran seperti batu atau kacang yang rusak hingga bersih. Tiriskan kacang secara menyeluruh setelahnya.

2. Rendam kacang azuki

Pastikan kacang azuki yang akan diolah sudah dalam keadaan bersih. Kacang azuki setidaknya harus direndam agar lebih empuk saat dimasak dan mengurangi waktu memasak. Gunakan panci berukuran besar, pastikan kacang terendam dalam air. Kamu cukup rendam kacang dalam air dengan panci tertutup, biarkan selama delapan hingga dua belas jam. Setelah selesai direndam, tiriskan dan bilas beberapa kali. Kacang azuki bakal membesar hingga tiga kali dari ukuran aslinya setelah dimasak.

3. Masak kacang azuki hingga empuk

Masukkan kacang azuki ke dalam panci besar dan tambahkan air bersih. Pastikan airnya cukup untuk merendam kacang azuki. Rebus kacang azuki dengan api besar hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan mendidih kembali secara perlahan.  Rebus kacang azuki sekitar 45 menit atau sampai kacang menjadi empuk. Waktu memasak bisa berbeda tergantung pada selera yang diinginkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Kacang Azuki agar Cepat Empuk dan Bersih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/28/170500775/3-cara-olah-kacang-azuki-agar-cepat-empuk-dan-bersih.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm