Pengaramelan creme brulee dengan blow torch
Pengaramelan creme brulee dengan blow torch ( SHUTTERSTOCK/tilialucida)

Pakai Wadah Terlalu Besar, Berikut 4 Kesalahan Membuat Creme Brulee

3 Desember 2023 07:20 WIB

SonoraBnagka.id - Sebelum membuat creme brulee, pelajari dulu tips memasak dan hindari kesalahan membuatnya. Creme brulee memiliki tekstur serta rasa seperti puding, lembut dan manis.

Karamel di bagian atasnya menjadi ciri khas dessert asal Perancis ini, Dilansir dari Bon Appetit, simak dan hindari empat kesalahan membuat creme brulee berikut ini.

1. Salah pilih ukuran wadah

Creme brulee dipanggang menggunakan pinggan saji. Jadi, ukurannya harus tepat agar panas oven bisa merata dan tetap menarik ketika disajikan. Pinggan keramik yang digunakan biasanya berukuran kecil hingga sedang.

Memakai ukuran wadah besar untuk creme brulee bisa membuat sajian gagal. Pasalnya, wadah besar dan dalam akan membuat bahan creme brulee membutuhkan waktu lebih lama untuk dipanggang.

Belum lagi, bagian atasnya harus nampak gosong karena lapisan gula karamel yang membuat warna sajiannya menarik. 

2. Pakai telur utuh

Telur utuh tidak disarankan dipakai untuk membuat creme brulee. Sebab, putih telur akan membuat tekstur pudingnya menjadi keras. Sebaliknya, cukup gunakan kuning telur untuk membuat creme brulee agar hasilnya lembut sempurna ketika dimakan.

3. Salah pakai gula

da banyak jenis gula, tetapi yang diperlukan saat membuat creme brulee hanya satu, yaitu gula pasir. Tidak perlu menggunakan gula aren untuk membuat warna kecoklatan pada permukaan creme brulee. Biarkan gula pasir mengkristal dan menghasilkan warna, aroma, dan rasa baru ketika dipanggang.

4. Memasukkan air ke dalam puding

Air dibutuhkan sebagai media memasak saat memanggang creme brulee di oven. Masalahnya, air bisa saja tercampur ke dalam oven dan memengaruhi masakan, merusak tekstur permukaan menjadi tidak rata. Bungkus pinggan keramik creme brulee dengan alumunium foil saat memanggang untuk menghindari cipratan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kesalahan Membuat Creme Brulee, Pakai Wadah Terlalu Besar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/28/083200975/4-kesalahan-membuat-creme-brulee-pakai-wadah-terlalu-besar.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm