Ilustrasi mini cake.
Ilustrasi mini cake. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Irina Meliukh)

8 Makanan yang Sebaiknya Dikurangi agar Terhindar dari Diabetes

3 Desember 2023 07:36 WIB

SonoraBangka.id - Konsumsi gula dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari 25 gram, kuota harian ini ada baiknya tidak terlampaui. Namun pada kenyataannya sulit dilakukan karena hampir tidak mungkin bisa menghitung gula yang masuk dalam tubuh.

Apalagi banyak makanan yang mengandung gula, untuk itu perhatikan lagi konsumsi makanan terutama dalam bentuk kemasan.

Simak makanan yang sebaiknya dikurangi agar terhindar dari diabetes, dikutip dari majalah "Sedap / ED 02 2017" (2017) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda perlu diketahui lebih banyak kandungan gulanya, sekitar 28 gram per botol di mana setara dengan takaran konsumsi harian.

2. Jus buah kemasan

Jus buah kemasan mungkin terlihat sehat namun perlu diperhatikan kembali kandungan gizi pada produk. Jika sama dengan 25 gram berarti sama saja dengan minuman bersoda.

3. Susu kemasan

Susu termasuk minuman sehat, terutama berupa susu segar. Susu berkemasan hampir semuanya ditambahkan gula supaya rasa lebih manis. Jika lebih banyak kandungan gulanya akan mempengaruhi nilai gizi susu itu sendiri.

4. Biskuit dan sejenisnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm