Ilustrasi kuning telur
Ilustrasi kuning telur ( )

Berikut 4 Cara Pecahkan Telur agar Bagian Kuningnya Tetap Utuh

3 Desember 2023 07:39 WIB

SonoraBangka.id - Kuning atau putih telur biasanya digunakan terpisah, khusunya dalam pembuatan kue dan roti. Cara memisahkan kuning dan putih telur susah-susah gampang. Bila salah, bagian telur bisa menyatu dan sulit dipisahkan.

Meski demikian, kamu masih bisa memecahkan telur dan memisahkan bagian kuning serta putihnya tanpa alat. Cukup ikuti empat tips memecahkan telur agar bagian kuningnya tetap utuh, seperti dilansir Master Class berikut ini.

1. Ketuk telur di permukaan rata

Pegang telur dengan satu tangan dan ketukan di alas atau permukaan rata untuk memastikan bagian kuningnya tidak pecah. Posisikan jempol di bagian tengah bawah telur serta jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas telur. Ketukkan telur di permukaan datar dan keras, seperti meja dan talenan, untuk menghasilkan pecahan yang bersih.

2. Buka cangkang telur dengan jempol

Dorong ibu jari perlahan ke dalam celah telur untuk membuka selaput telur dan memecahkannya. Jangan tekan cangkang telur terlalu kuat agar kulit telur tidak hancur dan bercampur ke kuning atau putih telur.

3. Gunakan cangkang untuk menahan kuning telur

Tampung kuning telur di sebelah cangkang selagi memecahkan telur. Biarkan putih telur jatuh ke wadah di bawahnya. Usahakan memecah cangkang telur dengan ukuran yang sama di keduanya agar lebih mudah menampung kuning telur.

4. Ambil sisa cangkang

Bila kuning telur sudah berhasil dipisahkan, coba perhatikan kembali hasil pecahan telur kuning dan putihnya. Pecahan cangkang atau sisa cangkang kecil bisa jadi ikut masuk ke dalam telur. Bila demikian, ambil menggunakan sendok atau garpu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Pecahkan Telur agar Bagian Kuningnya Tetap Utuh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/27/170500775/4-cara-pecahkan-telur-agar-bagian-kuningnya-tetap-utuh.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm